Liburan Riang Tanpa Gamang? BISA!!

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfjUJ0x7e7lx1WgOBhQBScQm3cvtjjSKd1pxZGOOVySgiN60Ts1MRqySPuHDazKF3kHllyNznKA_gOvoe3doKzfcoGXpTbojMRKz0CPa4mgtNi9LOCclvjV16BLqkxWN5JMwTP6z8Ox2Q/s1600/life-quotes-travel-is-the-only-thing-you-buy-that-makes-you-richer.jpg


"Tapi khan itu jauuuh..."

"Aku khan nggak punya uang..."

"Aku nggak punya waktuuuuu..."

"Aku khan jomblo."

Emang banyak. Banyak emang alasan atau penghalang buat jalan jalan. Yang jauhlah, yang biasanya anak sekolah atau kuliah punya waktu nggak punya uang, giliran yang udah kerja punya uang nggak punya waktu, paling parah yang jomblo udah nggak punya uang, sok nggak punya waktu ditambah nggak punya pacar. Khan syedih. Tapi santayyy...

Tebe bawa kabar gembira untuk kita semua yang sama sekali nggak ada hubungannya dengan kulit manggis. Tebe yang baru aja plesir dari Lombok dan mengunjungi beberapa pantai asoy mempesona di sana sembari nari ala putri duyung di dalam samudera bersama ikan nemo akan berbagi tips tentang cara jitu liburan menyenangkan tanpa terlilit hutang, tapi tetap senang.

1. Rencanakan jauh jauh hari. Bila perlu, tulis dalam resolusi tahunan atau Bucket List!

 

Tebe meyakini bahwa mimpi harus ditulis. Begitu juga untuk mimpi mengunjungi tempat wisata impian. Tebe udah mulai punya planning sejak setahun yang lalu. Di suatu malam abis mimpi ketemu mantan, Tebe mendapatkan sebuah hidayah buat move on.

"Gue akan ke Lombok!"

Esoknya, rencana itu Tebe tulis di kertas lalu Tebe tempelin di dinding kamar kost. Tebe tulis juga di postingan blog Tebe. Semakin banyak orang tahu, semakin banyak kiriman Amin menuju angkasa dan segera mendarat di telinga Sang Pencipta. Tak hanya menulis, Tebe juga mulai cari cari tanggal liburan yang agak panjang dengan durasi tertentu dari hari berencana sampai hari terjadinya. Tujuannya untuk nabung!! Dengan begitu Tebe juga bisa mulai merencanakan anggaran tabungan. Canggih khan!

2. Menabung!!


Kata orang uang tak bisa membeli kebahagiaan. Tapi di sini uang jelas bisa membeli tiket pesawat atau tiket transportasi lainnya, juga membeli tiket masuk tempat wisata yang akan mengantarkan kita pada sumber kebahagiaan.

Nah, jadi begitu kalian punya rencana liburan, di hari itu juga kalian beli  celengan. Tujuannya jelas, untuk menghantarkan derap langkah menuju tempat idaman. Ini merupakan aspek penting dalam merencanakan travelling. Jadi tiap kali lo pingin beli sesuatu, pingin beli cardigan yang terurai sampai mata kaki yang lagi diskon setengah harga misalnya, lo harus ingat.

 "Gue harus kuat menghadapi cobaan ini. Enam bulan lagi Gue akan merasakan sensasi belaian angin pantai Kuta. Gue harus tegar." Ucapkan kalimat itu berulang ulang tiap kali ada diskonan. InshaAlloh terselamatkan.

3. Perluas jaringan.


Weits, jangan salah. Nggak cuman cakupan sinyal provider, cakupan persahabatan kita pun jelas harus diperluas. Selain menjaga silaturahmi, ini juga sangat berguna saat kita travelling. Kenapa? Karena kita bisa numpang nginep!! Sukur sukur kalau temennya juga mau diajak travelling bareng!! Bayangkan berapa uang yang bisa kita hemat. Jadi, usahakan merencanakan tujuan traveling di tempat dimana salah satu tempat teman kita tinggal atau menetap.

Ambil contoh saat Tebe kemarin liburan ke Lombok. Tebe menetap di salah satu teman baik Tebe. Tebe tinggal di sana selama 4 hari 4 malam dan mengunjungi sekitar 8 pantai!! Lalu, apakah Tebe menguras dompet Tebe sampe tetes terakhir? Noooo!! Karena selama 4 malam itu Tebe nggak ngeluarin uang akomodasi sepersen pun. Dan jalan menuju ke-8 pantai yang kadang jalannya berliku liku, turun curam mendaki terjal udah kayak jalan menuju cinta suci nan abadi sehidup semati itu, Tebe dan temen Tebe naik motor alias no travel car, alias no biaya transportasi karena kita cukup membeli bensin yang nggak seberapa dibandingkan kalo kita harus nyewa mobil travel menuju ke tempat tempat wisata.

Selain murah, kita jga bisa bebas menentukan tujuan dan bebas duduk lama lama di muka ombak tanpa merasa ditungguin sopirnya dan dikejar waktu sewanya. Sounds good, right? Coba bayangkan Tebe hemat berapa ratus ribu? No, or maybe berapa juta??

Heyy, kita para blogger juga bisa dijadikan tempat inep lho!! Sebut saja saat lo pingin menjelajahi Madura, lo bisa minta tolong Huda, atau saat lo pingin menyibak kota Semarang lebih dalam tinggal hubungi Edots. Apa?? Pingin ke Bandung?? Khan ada Dwi..atau kalian pingin menikmati keeksotisan pulau Dewata bisa jadi ketemu Oges. Dan untuk daerah Jakarta, kalian bisa kok hubungin Meykke, Zainal, atau Andi. Nah, kalah pingin loncat ke Kalimantan tinggal baik baikin Heru. Hehehe....

4. Sering sering ngintip Traveloka!

source

Ini dia. Kita harus sering sering ngintipin harga pesawat atau alat transportasi yang akan digunakan di situs situs penjualan tiket murah macem Traveloka. Kita harus rajin rajin cari tiket murah dari jauh jauh hari karena harga tiket cenderung fluktuatif alias nggak menentu kayak perasaan. Tebe udah mule cari tiket sejak 2 bulan dari pemberangkatan. Tebe cari tiap pagi. Kalau sejuta, Tebe nggak jadi beli. Pernah 800ribu, tapi Tebe pikir bisalah lebih murah lagi. Tebe nggak pantang menyerah. Tebe terus buka Traveloka sembari berdoa. Akhirnya, Tebe bisa beli tiket Semarang-Lombok dengan tiket PP masing masing tak lebih dari 800k.

Bahkan, banyak juga khan yang udah booking pesawat untuk keberangkatan setahun yang akan datang mumpung pesawat lagi ada diskon. Biasanya pemesanan macam ini untuk mereka yang berencana buat ke luar negeri dengan tiket pesawat yang super duper murah sampai 200k. Itu khan WOW!! Jadi, buat kalian yang udah punya rencana kemana dan dimana, jangan lupa rajin rajin update harga pesawat atau kereta yaaaah...Demi. Demi hati riang berliburan tanpa terlilit hutang atau menguras uang bulanan.

5. Rencanakan spot spot destinasi.

source

Ini dia. Begitu tiket, tanggal dan tempat udah terencana, langkah berikutnya adalah merencakan destinasi tempat tempat mana aja yang akan dikunjungi. Jelas ini penting! Lo bisa browsing tempat tempat mana yang bisa dikunjungi.

Misalnya saat lo ke Semarang, bisa jadi Lawang Sewu, Pantai Marina, Sam Poo Kong, atau Mesjid Agung adalah tempat wisata yang harus dikunjungi. Atau saat lo ke Bandung, lo pasti pingin ke Tangkupan Perahu, Kawah Putih, Shopping Centre di Dago, D'Ranch, Floating Market dan banyak lagi. Ahh, atau saat lo berencana ke Jakarta, bisa jadi Taman Mini Indonesia Indah, Dufan, Monas, atau Kota Tua adalah destinasi lo. Karena dengan destinasi itu lo juga bisa pikirkan rute dan waktunya. Jadi, list destinasi bisa jadi map lo untuk bisa menghemat waktu dan memaksimalkan kesempatan.

Kayak kemarin Tebe saat ke Lombok, Tebe dan Uma sebelumnya berembug tentang destinasi hari pertama sampai ketiga. Lalu, terpilihlah hari pertama kita meluncur ke jajaran pantai di Lombok Tengah seperti pantai Kuta dan Tanjung Ann, disusul jajaran pantai di Lombok Timur serupa pantai Pink dan pantai Cemara, lalu hari ketiga kita ke pusat kota; Mataram dan terus melaju ke Lombok bagian Barat menuju pantai Nipah dan Senggigi.






Dengan segala perencanaan, inshaAlloh rencana travelling kita bisa terlaksana gaess.....

Inget khan, if there is a will there MUST be a way! If there is no way, build the way. Open the way for you to go forward!!



Jadi, tahun ini kalian mau kemana gaes??


source
Liburan Riang Tanpa Gamang? BISA!! Liburan Riang Tanpa Gamang? BISA!! Reviewed by Meykke Santoso on 14:45 Rating: 5

21 comments

  1. Kalo soal keuangan, gue mah susah terus tebee. Susah buat ngumpulin duit, udah kekumpul misal, tapi keambil juga buat hal yang lain -__-

    Kalo untuk gue seorang pelajar, plan nomer 1 dan 2 deh dulu yang dilakuin ^_^. Karena who know? Siapa tahu suatu saat dapat terwujud hehe :D

    ReplyDelete
  2. saya sih kalau mau liburan emang musti nabung yang banyak

    tipsnya yang perluas jaringan dan rencanain destinasi bagus tuh, biar waktu gk terbuang percuma hanya untuk nyari tempat bbagus. kalau udah di rencanain kan tinggal datang,

    pilih jalan dan kendaraan yang sesuai rekomendasi temen jadilah lebih efektif liburannya ya.

    ReplyDelete
  3. Tipsnya bagus nih. Aku pengin sebenernya wisata ke jalur gaza, tapi takut ketembak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu di tembak , apa jawabannya ? di terima atau ditolak? #SalahFokus

      Delete
    2. Nggak bakal diterima. Tembakannya meleset

      Delete
  4. perjalanan gue yg terakhir itu waktu ke gunung argopuro. itu merupakan pendakian pertama gunung yang paling jauh gue tempuh. dan itu merupakan pendakian termahal yaitu hampir kena 1 jt. Dan gue menabungnya itu super expert ,tapi alhamdulilah kebantu sama thr jadinya rada lancara juga sih hehehe

    ReplyDelete
  5. Tipsnya boleh juga nih... tp kalo aku sih bingung mo kemana, ga ada rencana juga... mungkin tipsnya bisa aku coba nanti...

    ReplyDelete
  6. Belum pernah sih traveling karena kendala - kendala kaya artikel di atas tpi bukan karena Jomblo .
    bener juga sih harus punya banyak teman apalagi di luar daerah jadi bisa liburan sekaligus silahturahmi hhe

    ReplyDelete
  7. Setuju... tapi susah banget buat nabung, sekalinya ada uang malah waktunya yang ga ada. aku jadinya bingung kalo begini mah. dulu juga sering buat destinasi kemana mana aja selama setahun, tapi sekarang mah kalo jalan-jalan suka main jalannya aja ga pake mikir, kalo ada uang ya jalan, kalo ga ada ya jalan juga tapi dalam mimpi... begitulah... ^^

    ReplyDelete
  8. Huf Tebeeee selalu ngiri deh tiap kali denger Tebe liburan apalagi yang foto-foto di Lombok tuh~

    Btw yang paling utama buatku sebenernya izin, sih. Apalagi kalo seorang diri. Nanti di jalannya gimana, di sana sama siapa, makannya gimana, de el el. Tebe punya tips gak buat meyakinkan orang tua biar diizinin?:(

    Tapi anyway, postingan ini bermanfaat buatku kalo suatu saat nanti diizinin liburan jauh sih hehe. Makasih Be.

    ReplyDelete
  9. Nah inii, kalo gw udah ngelakuin hal 1,3,4,5. Yang susah itu yang ke 2, nabung ! Lagi nabung, eh tau2 ada aja barang2 yang bagus dan manggil2 buat dibeli.. -___-"

    ReplyDelete
  10. Kayaknya enak bet ya liburan... udah lama ga liburan soalnya, sibuk dengan kegiatan yg membutuhkan otak... nanti tipsnya aku coba deh...

    ReplyDelete
  11. Ini mentang-mentang habis liburan dari Lombok langsung bikin tulisan gini, gak ngajak-ngajak pula.

    Kalo aku selain uang dan lain-lain jangan lupakan izin orang tua, kalau gak izin bisa-bisa ada apa-apa di jalan. Amit-amit deh, setuju sama Kak Dwi tips untuk meyakinkan orang tua gimana tuh?

    Tapi ini juga berguna tipsnya, makasih ya Tebe :) Jangan lupa nabung gak hanya untuk liburan tapi juga untuk hal yang lainnya,

    ReplyDelete
  12. Wow, lumayan nih tipsnya. Bisa juga lho dijadikan rencana buat orang-orang kayak gue yang mau ke PTN favorit. Kalo diliat tipsnya, emang persis sama, kecuali yang ngecek Traveloka. Itu nggak ngaruh ehehe~

    ReplyDelete
  13. Oke siap :D
    Tapi yang paling menentukan kapan akan liburan adalah tiket pesawat yang kita intip di traveloka. Hehe, misal ternyata tiket murahnya ada ditanggal 14 Sept, ya berangkatnya mau ga mau harus tgl segitu (kalau mau murah). Hehe...

    Yang pasti emang persiapannya kudu mateng supaya bisa liburan, biar ga rugi. Rencana destinasi spot spot itu penting bgt untuk memaksimalkan liburan, bener2 harus punya schedulenya... :3

    ReplyDelete
  14. Oeh ternyata begitu Tebe..iya ih mentang mentang abis dari Lombok terus bikin tips tips begini...terus abis ini mau kemana lagi Teb?? Jangan lupa tips tips lainnya ya...terus jangan cuman omdo..omong doang. Inter bikin tips tpi prakteknya enool.itu khan ga bagus Tebbb

    ReplyDelete
  15. Och iyaa kak aq sukanya floating market;) Seru aja hehehe... Ciyee yang dari lombok \m/

    ReplyDelete
  16. Tebe liburan ketempat gue,,,Puser=pulau seribu

    ReplyDelete
  17. Gua kayaknya bakal balik lagi kerja ke China nih, terus ya paling nerusin bucket list gua aja, ke Tibet atau ke Inner Mongolia gitu wkwkwk...gua sih sukanya tempat2 yg alamnya bagus, ga suka ke kota2 gede gitu

    ReplyDelete
  18. Ngumpulin duit lebih mudah daripada nyari waktu, kalau sudah kerja, itu waktunya jadi tidak bebas. Hiks hiks

    ReplyDelete
  19. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete