[Tips BE] Tips Membuat Ilustrasi Tulisan

Bagi seorang blogger membuat tulisan yang enak untuk dibaca adalah sebuah keharusan, agar orang lain atau sesama blogger yang mengunjungi blog kita bisa tertarik dan mau membaca tulisan yang kita buat. Tapi terkadang Tebe menemui beberapa tulisan yang nggak enak di baca, bukan cuma karena ide-nya yang mainstream dan maksa tapi karena tebe sering nemuin tulisan di blog dengan gambar yang nggak nyambung. Nggak nyambung pada konteks tulisan yang lagi dia bahas.

Misalkan tulisannya ngebahas tentang sistem pacaran tapi gambarnya malah gambar orang lagi boker. Misalkan. Itu selain nggak nyambung bakalan ngerusak mood pembaca juga. Nah, kali ini Tebe akan memberikan tips untuk membuat ilustrasi pada tulisan.

Maksudnya apa be?

Jadi gini, di setiap tulisan yang kamu post di blog untuk menarik pembaca pasti ditambahkan sedikit gambar-gambar, dan gambar itulah yang menggambarkan tulisan kamu. Gimana, pusing? Intinya gambar yang ada di postingan kalian itu yang dinamakan ilustrasi tulisan. Yaudah nggak perlu berlama-lama lagi, langsung saja…

  • Sesuaikan tema..
Paling pertama, menyesuaikan tema tulisan dengan tema gambar yang akan kita pakai adalah hal utama. Tapi sebelumnya pastikan kalian udah punya tulisan buat di posting. Misalkan tema kalian tentang LDR, cari gambar orang pacaran lagi nelepon jauh-jauhan atau gambar orang lagi sendirian, atau kalo tema kalian tentang cinta-cintaan pillih gambar yang romantic. 

Contoh..

source

  • Cari gambar..
Kalau udah menyesuaikan tema tinggal cari gambar di berbagai situs. Paling gampang tinggal cari ajah di Google dengan keyword yang sesuai. Kaya tadi temanya misal cinta-cintaan, ya cari di Google-nya all about love. Nah, kalo udah keluar hasil pencariannya kalian klik bagian ‘gambarnya’ nanti juga banyak kumpulan gambar tentang cinta, seperti yang kamu tulis di kolom pencarian.



Atau kamu bisa juga buat gambar sendiri kalau kamu emang kreatif dan jago design graphic. Buat komik kek, atau sekedar gambar untuk menarik pembaca.

  • Edit..
Selanjutnya setelah kamu dapetin gambar yang sesuai dengan tulisan yang kamu buat. Kamu juga bisa edit sesuka kamu. Proses editing ini harus sesuai juga sama isi tulisan, misalkan dari gambar di atas tadi kamu bisa tambahin tulisan atau quote ala pujangga cita, atau bisa pake kata-kata kamu sendiri.

Di edit pake apa be?

Banyak kok aplikasi buat edit foto, bisa pake Adobe phothoshop, Ilustrator, Corel Draw dan sejenisnya.

contoh proses editing
  • Terapkan..
Kalo udah di edit dan udah jadi tinggal di pasang deh tuh gambarnya ke postingan kamu, kasih space antara tulisan sama gambar biar nggak terlalu nempel sama gambarnya. Biar elok sikit lah. Jangan lupa waktu di edit sesuaikan sama besarnya lebar tulisan di blog kamu.

 ----

Tebe juga mau kasih saran, kalau kamu susah nyari gambar yang kamu mau coba deh pake keyword bahasa inggris, biar nanti pencariannya lebih luas, dan kalo bisa cari gambar yang resolusinya tinggi, pixel-nya juga gede. Biar nggak blur nanti kalo udah di edit. Jangan lupa juga kalau kamu ngambil gambar dari website lain cantumin alamatnya, sekalipun itu udah di edit sama kamu. Biar nggak dikatain plagiat.

Gambar memang perlu untuk sebuah tulisan di blog, yah minimal satu atau dua gambar. Sebenaranya tanpa gambar-pun kalau tulisan kamu bagus dan enak di baca nggak usah pake gambar juga nggak papa. Tapi kan nggak semua tulisan enak di baca, maka dari itu sebagai ‘obat’-nya gambar sangat membantu, ibarat orang jelek kalo pake pakean rapih dan bagus kan minimal nggak jelek-jelek banget :p . 

Oke, sekian tips dari Tebe semoga membantu dan bermanfaat..
[Tips BE] Tips Membuat Ilustrasi Tulisan [Tips BE] Tips Membuat Ilustrasi Tulisan Reviewed by Blogger Energy on 21:58 Rating: 5

17 comments

  1. aaaak, tebe pinter banget sih.. iyanih, rencananya blogku di tahun 2014 pengen ada gambarnya juga. biar keliatan menarik. makasih tebe. untung aku buka blog ini..

    ReplyDelete
  2. Tengkyuu ya Tebe tipsnya hehehehe

    Tapi aku gak pinter edit photohop sih huftt

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah be. saya udah sedikit melakukan hal itu. tapi baru sedikit loh.

    untuk saat ini baru ngembangin desain grafis. biar nanti bikin illustrasinya hasil original sendiri.

    ReplyDelete
  4. aduh tebe bagus nih kayaknya info nih, di bookmark dulu deh, entar baru diresapin :')

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget nih. jadi bikin tulisan bervariasi gak cuma susunan alfabet doang tapi juga ada ilustrasinya. keren. entar pengen diterapin. Thanks infonya, be

    ReplyDelete
  6. tulisanku ga pernah ada ilustrasinya perasaan..hahahahaaa...
    well, bisa dicoba.. terima kasih, tebeeee...

    ReplyDelete
  7. Wah tebe keren yah, pasti yg nulis cakep.. -_- #Dibajak

    ReplyDelete
  8. Ini Tulisan Taoufik Pandu...
    hm... okey saya akan berusahan ... sekuat tenaga #lah apaan ini
    Terima Ksih atas tipsnya :)

    ReplyDelete
  9. wah, kece *thumbs up*

    selama ini saya kalo pake gambar gak pake keterangan dapet dimananya eh ._. habis baca ini besok besok pake sumbernya deh ^^ makasih ya Be *salam cumbu mesra membabi butaaaa*

    ReplyDelete
  10. Smar banget. Thanks banget pencerahannyaa.
    Mau tanya ya mas? apakah blog saya termasuk seperti itu nggak sesuai dengan kaedah Tema"? Mohon Bimbingan dan pengoreksian ke blog saya. hehe.. (Anak Baru yang butuh bimbingan).
    http://mhcbisa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. Makasih banget tips nya bang. kalo gue sih setiap posting kebanyakan tak kasih gambar. karena biasa kurang jelas juga sih kalo gak di kasih gambar dan bisanya untuk menutupi kekurangan tulisanku yang kadang sedikit gimana gitu bahasa. dan bisanya sih gue gak pernah cantumin website di bawah gambarnya soalnya gambarnya buat sendiri, kecuali kalo gambar2 yang langsung kita ambil dari om gugel.. BErmanfaat deh bang infonya. makasih :D

    ReplyDelete
  12. yee... aku suka bikin ilustrasi, tp g bisa gambar -_- dan akhirnya yang bikin ilustrasi tulisanku malah temenku. sama aja ini aku nggak bikin -_-
    btw, thanks infonya, tebe keren deh ^^

    ReplyDelete
  13. setubuh dah sama BE. gue juga nggak cuman satu gambar pasti gue kasih di tiap postingan. rasa rasanya kalau nggak ada gambar tuh kek ada yang kuraaaaang gitu yak be. Tapi emang nggak pernah gue edit sih, Be. thanks infonya yak..kapan kapan gue cobain edit..walo gue cuman katam pake Photoscape doang!! Ditunggu info selanjutnya!! Ah, iya suka kelupaan kalo mau ngasih link ke sumber gambar. -.-

    ReplyDelete
  14. yappss,, tiap postingan emang gk lengkap klo gk ad gmbr, gw pun kdng bela2in ngedit biar gmbrnya asyik, itu pun klo lgi mood, kalo lagi gk mood ya enggak juga, tapi pasti ada gambar di setiap post. mksih udh ingatin utk nyntumin sumber, gw sring lupa tuh hoho

    ReplyDelete
  15. Betul! Yang paling penting dalam bikin postingan pakai gambar adalah kesesuaian antara isi postingan dengan gambar itu sendiri. By the way apa di sini cuma saya yang nggak bisa pake Corel/Photoshop?
    Saya bisanya make Photoscape doang -_____-"

    ReplyDelete
  16. gue jadi inget tulisan gue sndri di awal'' ngeblog. tlisan sama jdul kga cocok. ngahahahahah.... skrg juga msih, sih -,-. tapi nggak trlalu sring kyak sbelum''nya. klo gue salah, brrti gue lgi khilaf. simple kan?
    gambar itu emang perlu sih untuk sbuah postingan. soalnya, manusia lbh enak ngeliat gmbar dan bsa berimajinasi dgan hal itu.
    klo mslah edit-mengedit gue blom bsa nih. klo gue bsa, gue yakin fto gue bklan kliatan ganteng banget. sumpah. wakakakak

    ReplyDelete
  17. Sedelapan sama Tebe, setiap tulisan yang mempunyai ilustrasi kadang bisa lebih menghidupkan imaji pembacanya.

    Semoga bisa desain grafis nanti, jadi gambarnya bervariasi:)

    ReplyDelete