Bukan Blogwalking Biasa


Setiap blogger pasti kenal sama yang namanya blogwalking. Iya... semacam jalan-jalan ke blogger lain terus ninggalin komentar. Tujuannya buat menyambung silaturahmi dan juga berharap bisa dikunjungi balik. 

Tipe-tipe blogger yang blogwalking juga sering kita kenal. Ada blogger yang komennya nyenengin, sesuai sama isi postingan. Ada blogger yang suka bagi-bagi motivasi gak peduli postingannya tentang apaan, bahkan ada blogger yang komennya selalu ‘nice post’ gak peduli postingannya tentang apaan.

Selain blogwalking, juga ada sih yang namanya blogsalting. Ini kalo kasusnya kalian mampir ke blog orang, terus bingung mau komen apaan. Udah ketik, hapus... ketik lagi, hapus lagi, ketik lagi, hapus lagi. Akhirnya gak jadi komen gara-gara minder. Biasanya karena yang punya blog ini cakep, jadinya naksir, makanya pengin ngasih komen yang penuh pencitraan. Tapi gak tau bentuk komennya kayak gimana. Kasian.

Ngomongin blogwalking, gak bakal lepas dari yang namanya Blogger Energy, komunitas blogger personal yang punya rules grup untuk mewajibkan anggotanya blogwalking ke sesama blogger lain yang kebetulan promo di hari yang sama. Peraturan yang adil, tapi kadang jadi gak adil ngeliat perlakuan blogger yang promo tapi komentar seenaknya sendiri.

Iya, Tebe udah sering liat ada blogger yang rajin promo tapi komentarnya lebih sedikit dari jumlah karakter ngetwit di Twitter. Ini enggak enak kan jadinya. Bukan masalah perhitungan atau blogwalking enggak ikhlas.

Gini deh...

Sebenernya aturan promo wajib blogwalking itu niatnya baik. Biar yang promo bisa saling menghargai tulisan dan menambah energi ngeblog mereka dengan berbagi komentar. Pertanyaan buat para blogger dari Tebe simpel aja. ‘Kalian seneng gak kalo blog kalian dikomentarin?’

Kalian bisa jawab sendiri.

Dan aturan promo wajib blogwalking gak berhenti sampai disitu aja. Ranger BE juga pengen komentar yang ditinggalkan di blog lain jangan terlalu pendek. Jangan 140 karakter. Ini blog, bukan Twitter.

Nah kan, kesannya jadi ribet. Blogger Energy kebanyakan aturan banget.

Bro, aturan ini dibikin bukan buat menguntungkan Ranger sama Tebe. Sama sekali enggak, aturan ini dibuat buat menguntungkan setiap member Blogger Energy. Dengan berkomentar ‘cukup panjang’, nyambung sama isi postingan, atau setidaknya pantes buat diliat. Siapa yang seneng? Yang punya blog, kalian sendiri. Ayolah, blogwalking itu dinikmati, jangan dijadikan beban.

Tebe ajukan pertanyaan lagi buat kalian member Blogger Energy, ‘Kalau blog kalian dikomentarin cukup panjang dan sesuai isi postingan seneng nggak?’

Setidaknya dengan begitu, kalian merasa tulisan kalian diapresiasi. Kalian merasa tulisan kalian gak sia-sia. Ada yang baca.

Bedakan rasanya dikomentarin ‘nice post’ dan ‘komentar panjang’. Kalian sendiri yang bisa merasakan gimana sensasinya.

Anak-anak Blogger Energy angkatan jadul, banyak yang komentarnya nyenengin. Mereka enggak sekedar blogwalking ninggalin jejak tapi juga komentarnya ‘cukup panjang’. Mereka udah tau, gimana etika berkomentar yang ‘baik’ di grup Blogger Energy. Tebe harap, anak-anak BE yang baru juga pada ngikutin jejak senior-seniornya.

Kalau ada pertanyaan, “Yaelah, Be... masa komentar aja mesti diatur sih?!”

Iyalah.. kan aturannya buat kebaikan kalian sendiri. Kalau kalian ngerasa lagi enggak mood blogwalking jangan promo dulu.

“Terus, kita harus ninggalin komentar panjang terus?”

Gak juga... kalian boleh komentar sesingkat apapun, kalau kalian lagi enggak promo. Karena emang udah dari sononya jadi blogger personal itu boleh ngapain aja. Iya, ngeblog itu bebas. Bebas dan suka-suka kalian.

Tapi ada satu hal yang harus diperhatikan, bahwa ketika kalian udah jadi member Blogger Energy. Kalian berarti udah siap buat ngikutin aturan yang ada. Di blogger Energy, pengennya sih, kalian—para gyerz, bisa jadi blogger yang komentarnya selalu berbobot. Blogger yang komentarnya enggak pelit-pelit amat. Nulis postingan aja bisa panjang-panjang, masa komentar ‘agak panjang’ aja enggak bisa.

Di Blogger Energy, kalian dituntut untuk selalu blogwalking, biar kita enggak jadi blogger yang egois. Tujuannya jadi blogger yang bisa berbagi energi, dengan komentar yang nyambung, komentar yang enggak asal-asalan. Komentar yang penuh energi.

Dan pada akhirnya dengan jadi blogger yang komentarnya ‘pantes diliat’. Kalian bisa cepet akrab sama yang punya blog. Kalian bisa nambah temen, bisa kenal lebih, bahkan kalo kopdar juga bakalan sepanjang komennya kalo ngobrol langsung.

Nah terus komen yang ‘berbobot’ itu indikatornya apa? Iya, Tebe rasa kalian udah cukup gede. Kalian bisa mengira-ngira sendiri. Yang pantes itu kayak gimana...


Kalian blogger, lebih seneng dapet komentar kayak yang atas apa yang bawah?

Ini Tebe ambil contoh aja dari postingannya blogger yang kurang populer, itu ada inisialnya. Acak aja sih sebenernya, buat contoh. Bandingkan komen yang menyentuh banget dan nampar tanpa menyentuh apa yang diceritain sama komen yang ngebahas isi ceritanya. Kalo cuma komen sekedar menyentuh ato nampar, kita gak tau kan, ‘bagian mana yang menyentuh?’ kita gak tau, ‘apa yang nampar?’

Intinya sih gitu... memang komentar aja keliatannya ribet. Tapi itu semua karena di Blogger Energy, blogwalking bukan sekedar blogwalking, bukan blogwalking biasa.

Kalo mau komentar singkat, gak ada yang salah... asal itu diluar jadwal promo. Dan balik lagi juga, kalian lebih seneng dikomentarin singkat apa yang berbobot? Ya semua terserah kalian sih, kan ngeblog itu bebas.
Bukan Blogwalking Biasa Bukan Blogwalking Biasa Reviewed by Blogger Energy on 20:22 Rating: 5

50 comments

  1. wuahahahah iya setuju banget... secara klo seneng blognya dikunjungin dan dikomentari alangkah baiknya membagi kesenangan ke blogger yang lain dengan kunjungan balik. jangan egouais. dan komen terakhir dariku ----- Nice Post hhe

    ReplyDelete
  2. Nah gua juga sering tuh gak bisa komentar panjang. Yang males ngetik lah, yang males baca tulisan lah (kalau panjang banget), yang kadang gak nyambung isi cerita, macem-macem lah hambatannya. Gitu aja sih keresahan gua. Tolong ya jangan kick gua dari BE :(

    ReplyDelete
  3. keunggulan di BE itu ya karena adaa kewajiban blog walking yang bisa ngasih energi buat terus ngeblog buat para blogger hehehe... intinya sih salam blogger energy aja ya buat Tebe :D

    ReplyDelete
  4. ini nih yang gue tunggu-tunggu. gue dari dulu pengen banget gitu ada sesuatu entah postingan, teguran, atau apa kek, yang bisa menyadarkan para Gyerz untuk berkomentar lebih 'berbobot' lagi. khususnya buat Gyerz baru-baru ini.

    semua itu sebenarnya balik ke kita sendiri kok. kalo kita menghargai postingan dari teman dengan komentar yang panjang, berbobot, dan yang pasti nyambung sama postingannya, sudah percaya deh, yang dikomentarin pasti senang dan dia akan membalas kebaikan kita dengan komentar yang panjang dan berbobot juga, kok. tapi kalo kitanya sendiri aja komennya ogah-ogahan, dengan berbagai alasan yang males lah, postingan kepanjangan lah, dsb. yaa mau gimana lagi, orang juga males komen di blog kita.

    memang dari Blogger Energy berdiri sampai sekarang itu ciri khasnya yaa aturan yang mengharuskan blogwalking ke sesama gyerz yang promo hari itu. tapi kalo blogwalking nya cuman sebagai 'syarat' doang, yaa semua orang juga bisa. tujuan sebenernya dari blogwalking di BE sendiri juga bermaksud untuk saling memberi energi satu sama lain lho, bukan sebagai 'syarat' doang.

    gue juga heran padahal dulu angkatan-angkatan jadul juga pada sering promo dan komentarnya juga selalu berbobot terus. yaa, mungkin yang baru-baru masih butuh penyesuaian dengan aturan-aturan yang ada di BE. gue maklum kok. dan mungkin Gyerz-Gyerz yang baru harus belajar nih ke angkatan jadul dari BE. oh iya, angkatan jadul mana suaranyaa ya......?! hahaha

    ah, udahlah, ntar kalo gue terusin malah jadi postingan disini. yang jelas gue bukan mau sok menggurui atau apa, gue cuman ingin menyampaikan dan komentar aja kok. kalo misal ada yang tersinggung, gue mohon maaf yaa :*

    ReplyDelete
  5. Akhirnya. Hasrat gue yang terpendam ini, terungkapkan juga. "Hahhh, gue lega banget be."

    Makasih sebelumnya, udah menyadarkan kondisi ini kepada para member BE, kalo yang senior mah, gue udah gak ragu lagi. Tapi, sama anak yang baru, gue rada gemes unyu-unyu be.

    Kadang, gue sampe dua, tiga kali baca, demi menyelesaikan postingan yang panjang. Tapi apa? Mereka malah gak BW. "Kadang Pangeran sedih, ngerasa kok tulisan Pangeran gak dikomentarin, ya be."

    Terus, ada yang komentar di blog lain. Tapi, di blog Pangeran enggak dan itu terus berlanjut dengan link promo selanjutnya.

    Satu hal yang Pangeran pikir adalah mungkin cara menghargai setiap orang beda-beda. "Pangeran maklum."

    Ya, tapi walau mereka mau mampir atau enggak, sekarang Pangeran ikhlas aja. Kalo komentar, ya pasti bakalan mampir di blognya lagi. Kalo enggak, ya kalo promo, tetep ikutan BW. Mau dapet feedback atau enggak. "Pangeran udah capek mikir itu."

    Ah, pokoknya masih banyak hal yang mau Pangeran komentarin. Tapi, intinya semua yang Pangeran arepin dari dulu, udah terjawab dengan apik di postinga TEBE kali ini.

    Makasih, TEBE. "Love u, dah.." Salam keluarga dari Pangeran.

    Kalo terlalu panjang, takut jadi post kayak mas Reza. :D

    ReplyDelete
  6. Kadang kalo nulis komentar panjang2 jadi ragu itu nanti bakal sesuai dengan tema apa nggak, terus jadi nggak nyambung deh..

    Kalo nulis pendek juga dikiranya pelit, tapi ketiknya juga ribet. Aku juga minta maaf kalo komenku di blog lain singkat, lain kali kalo komentar berusaha biar lebih panjang dan nyambung dengan postinganya

    *satu dua tiga empat. Lagi ngitung karakter semoga lebih dari 140 karakter

    ReplyDelete
  7. gue sebagai angkota baru disini,ngerasa bersalah juga,terkadang juga gue blogwalking gk semuanya 4 atau 5 blog yang gue kunjungin,padahal yang promo dihari itu lebih dari 5,dan terkadang juga gue komentarnya sedikit. tapi walaupun begitu gue udah milih blog ini sebagai tempat komunitas, mau gk mau secepatnya gue harus terbiasa dan beradaptasi dengan ini. setiap pilihan itu ada konsekuensi yang harus kita jalani,dan gue udah memilih komunitas ini,dan gue pun harus mengikuti semua paraturan yang ada disini. Sory ya guys sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  8. Sebenernya sih komen itu bebas mau berbobot apa enggak. Tapi kalo niatnya udah gabung di BE dan rajin promo biar blognya dikomentarin. Kenapa masih ada aja yang enggak ngelakuin sebaliknya? Gak BW tuntas, gak niat komen, bahkan sama sekali gak blogwalking.. Egois kan.

    Ya intinya kalo udah gabung BE ya nurutin aturan BE, kalo gak suka sama aturannya boleh keluar sendiri. Atau nunggu tiba2 di kick... Gampang~

    ReplyDelete
  9. gue angkatan baru nih, ke gue bukan ya? maaf kalau komen gue gak panjang dan gak berbobot tapi kalau BW balik, gue usahain pasti BW ampe tuntas, kecuali kalau emang susah buat komen di blognya dalam artian kolom komennya kagak muncul-muncul, nah kalau gitu biasanya gue minta maaf, gak enak soalnya. tapi itu beneran gue gak gak bisa komen :(
    kadang males juga buat promo di grup soalnya gue suka bw ke blognya, ke gue mah kagak, gue pikir mungkin tulisan gue jelek, kepanjangan tapi kalau tiap promo gak bw ke gue, ya males juga. jadi ada dimana pas mau promo terus ada member "itu" yang gak bw ke gue, gue gak ikutan promo dihari itu :D maaf, rasanya agak gendok juga sih, kenapa cuma di blog gue die gak komeeeen? eeerrggh?!
    tapi meski gak promo kadang gue bw juga sama anggota be, intipin blog yang lagi promo :p gak masalah gak di kunbal soalnya gak promo. dan ehem lumayan bw bisa bikin alexa gue langsing, itu yang sedikitnya bikin hati adem plus nambah info :D

    ReplyDelete
  10. Kalo BW aku pasti BW balik, tapi kalo komen memang aku 'kadang' masih seadanya. Sebenernya bukan males komen, atau enggak baca dari awal sampe akhir akhirnya enggak tau apa yang mau di komenin, serius. Tapi bingung aja mau komen gimana, misalnya kalo yang nulis puisi-puisi gitu, kan bukan di bidang aku, jadi agak bingung, dan palingan kadang aku cuma komen "Bagus puisinya, bla bla bla" atau sejenisnya. Dan di postingan lain, kalau aku pernah komen seadanya, itu karena aku bingung :(

    Jadi karena aku member BE, jadi harus naati peraturan BE. Aku akan "mencoba" buat komen yang berbobot :))
    Makasih TEBE :D

    #SaveBE :D

    ReplyDelete
  11. hemm , postingan nya nampar ane banget.gan.
    tapi itu cambuk buat ane. agar menghargai tulisan blogger lain hanya dengan sedikit komentar.

    ReplyDelete
  12. Nah! untuk sesama blogger baiknya saling menghargai, apalagi buat komentar saat blogwalking, kalo mau blogwalking itu harus niat, dan berkomentar dengan ikhlas, sering banget juga nemuin yang komentar kaya gitu, entah diblog sendiri atau diblog orang lain. kalo emang suka menulis, dan suka berkomentar asal, coba dipikirin gimana kalo posisinya tulisan kita yang dikomentarin asal dan seadanya. boro2 dia baca, komentar aja engga nyambung sama apa tulisan yg kita buat. pasti rasanya ga enak kan ? ngebaca tulisan itu engga rugi kok. kita jadi banyak tau tentang pengalaman, keseruan seseorang dll. tapi ya balik lagi ke masing2, setiap orang beda2, kita lakuin yang terbaik :D promo tapi ga blogwalking itu adalah utang yang harus dibayar :D

    ReplyDelete
  13. Hahaha postingannya nendang XD
    Btw, sejak di-approve gabung di BE bulan lalu, saat blogwalking jadi sering ninggalin komentar klo aku jg pas ikutan promo (klo gk promo ya jarang blogwalking krn emang gak tiap hari blogging-nya)
    Iya, bener bgt, rasanya seneng aja klo postingan kita ada yg ngomentarin, berasa berguna tuh tulisan. malah kadang tulisan yg isinya cuman curcol, eh, komentarnya isinya nasihat2 baik yg bikin aku semangat.
    Ya ini nih konsekuensi klo gabung di komunitas, pasti ada aturan yg harus diikuti, tapi aku yakin tujuannya baik :)) seperti aturan BE yg tujuannya saling berbagi energi menulis :D Hmm.. tapi juga jgn sampai kita nulis dg alasan karna ingin dikomentarin. Tetap menulis meski nggak ada yg komentar, hehe. Setidaknya tulisan itu berguna u/ diri kita, tapi klo ada yg baca juga dan ternyata bermanfaat buat pembacanya, ya Alhamdulillah. haha.

    Pokoknya, aku nggak nyesel gabung di BE. Membernya ramah-ramaaaaah XD

    ReplyDelete
  14. Hmm.. Bener juga tulisannya. Komentar menambah energy untuk terus menulis. jadi kepingin lah bergabung dengan Blogger Energyd dan siap menjadi member aktif. Btw, tulisan wajib ane udah buat. Tinggal nunggu tanggal 9 semoga di Aprove sama admin :D

    ReplyDelete
  15. Kalau masalah blogwalking saat promo tulisan di wall promo BE, Alhamdulillah gue selalu tuntas. Tapi kadang suka ada 1 atau 2 blog yang nggak gue komen, entah karena kolom komennya bermasalah ataupun karena cara ngomentarin postnya ribet, jadi gue nggak tau cara komennya gimana.

    Oh iya kadang-kadang gue juga masih suka komen pendek-pendek :(. Biasanya yang gue komenin pendek-pendek itu yang tulisannya berupa puisi gitu. Soalnya gue nggak terlalu ngerti sama puisi, jadinya gue bingung mau komen apaan.

    Yaps, setuju banget sama tebe. Emang beda banget sensasinya kalo tulisan kita dikomentarin pendek dan nggak nyambung sama komen yang panjang dan berbobot. Kalo tulisan gue dikomen berbobot itu rasanya kayak ada yang menambah motivasi. Gue merasa tulisan gue ada yang baca dan pastinya dihargai.

    Sebagai anak baru yang masih ingusan, gue berharap semoga kedepannya gue bisa lebih memperbaiki diri dan bisa mematuhi segala aturan-aturan di komunitas BE tercinta ini :D. Maafin gue ya teman-teman kalo suka komen yang nggak berbobot di blog kalian. :D :)

    ReplyDelete
  16. Kali ini gue benar-benar diingkatkan dan postingan ini nampar gue banget,,

    Yang pertama, gue sering durasi BW nya lama, terkadang berhari-hari baru tuntas.
    Kedua, mungkin saja terkadang komentar gue diblog temen" terlalu irit.
    Tapi gue selalu mencoba agar tidak out of topik ketika meninggalkan komentar di blog temen".

    Namun ada hal yang buat gue jengkel, terkadang ada saja orang yang BW ke blog gue tapi tak ngasi komen sedikitpun,, kalau alasannya box komentar gak muncul karena dibuka via mobile gue terima,, selain itu membuat hati gue sedih.
    Salam Blogger Energy.

    ReplyDelete
  17. kayaknya aku kudu belajar komen panjang dan nyambung sama postinganya deh min. tapi kayaknya itu agak susah, mesti aku bingung mau komenin apa? mau nambah nambahin. kadanh ga terlalu paham bgt yg diomongin 😢

    ReplyDelete
  18. iya nih be, emang harus di luruskan lagi. peraturan di tegakkan lagi. gue juga ngerasain. kadang kalo promo gue udah antusias nunggu temen temen komentarin apa kira kira. eh komentaranya irit banget. apalagi kalo postingnya cerpen. rata rata yang BW pada bilang bingung mau komen apa.

    sejujurnya be, gue masih respek sama yang komen pendek. daripada ikutan promot tapi gak BW. itu lebih nyesek be, kan sama sama promot masa dia ogah sih ngasih komentar balik.

    ya sebenernya gue juga sadar diri sih gue juga kadang kadang gitu, suka hilap. ngasih komennya pendek. oke gue akan memperbaiki deh, lebih menghargai gyers yang lain.

    ReplyDelete
  19. Postingan BE kali ini "nampar" banget. Hahaha. Bagus! Sebagai anggota BE yang baru, mungkin secara nggak sadar aku sudah melakukan hal-hal yang salah. Memang sudah sepantasnya kita keluarga BE saling memberi energy. Jujur, aku juga seneng banget kalau diberi komentar panjang dan berbobot. Merasa dihargai. Dari situ, aku akan mulai belajar jadi penerus anggota BE yang senior. Mulai berkomentar panjang dan insyaAllah yang berbobot. Kalau pun komentar aku tidak berbobot, namanya juga kita masih saling belajar. Semangat teruuuus! Ganbattee! Blogger Energy BISA! :')

    ReplyDelete
  20. Hehehehe....emng gitu..komentar sama aja dgn penghargaan..bgmn kita menghargai tulisan..klo komentarnya "nice kk" pasti cmn peres karena dibaca jga pasti kagak...ya cba bw dengan hati..tulis dgan sanubari...ya sebangsa gitu kakak...semangat yaaaaaaaaaakkkk

    ReplyDelete
  21. Sepakat Deh dengan ulasanya, aturanya cukup ketat juga menurut ane, memaksa dalam hal kebaikan yah boleh lah. Karna gini, untuk maju seseorang itu sebaiknya "berubah" kalo gak bisa berubah maka "diubah" kalo jga gak bisa, ya stop aja kapan majunya.... sepakat sepakat sepakat,, agak tegas gpp, biar dengan cara ini kekeluargaan lebih terasa didalam komunitas blogger.. Salam Salut buat Blogger Energy

    ReplyDelete
  22. Gue sebagai member baru, yang juga sebagai blogger baru emang masih ngerasa banyak kekurangan, gue kadang mikirin suatu hal tapi gue gabisa ngungkapinnya atau mau ngungkapin tapi susah. Kalo ada yang promo pasti gue BW semua kok dan pasti gue kasih komen di blog tersebut yang sesuai sama apa yang di post. Tapi, kadang setelah gue baca sebuah postingan yang panjang banget, gue jadi suka lupa apa yang mau gue omongin di kolom komen, padahal pas baca udh kepikiran banyak.

    Kalo gue promo tapi gue ga komen, itu sebenernya gue udah BW cuman pas gue mau komen tombol komen nya stuck atau bermasalah atau rumit jadi gabisa komen. Soalnya gue kalo BW pakenya hp, laptop gue baru rusak

    Btw, gue suka banget dengan peraturan Blogger Energy yang ini karena gue ngerasa bahwa tulisan newbie gue di hargain dan di apresiasi. Makasih buat semua member Blogger Energy yang udah ngasih energy ke gue supaya semangat ngeblog!

    ReplyDelete
  23. Wow, di postingan ini malah komentarnya mulai pada panjang-panjang :D
    Beda bgt, ga kaya biasanya -_-

    Untuk berkoment usahakan baca seluruh isi postnya dahulu, kalau benar-benar dibaca 80-100% sudah pasti bakal banyak komentar yang ingin disampaikan ke pemilik blog.

    Ada beberapa pembaca di blog saya yang ga baca dengan teliti, sehingga comment nya agak ga nyambung. Gagal paham istilahnya.

    Nah, semoga dengan teguran melalui post ini dapat benar-benar merubah seni berkomentar para member BE termasuk saya sendiri. Aamin.

    ReplyDelete
  24. HANJIR gyerz angkatan jadul -_- wkwkwk tua bat kayanya gue. kesinggung nih be. wkwkwkwk
    Bener be, komen yang panjang aja walaupun kagak nyambung aku seneng be.
    yang ngeselin mah yang Komennya nyepam.
    kami menawarkan obat herbal, memperpanjang alat blablablaaaa wkwkwkwk
    itu KOMEN PALING KAMPRET SEPANJANG MASA.

    komen yang baik ya komen yang udah baca tulisannya, terus ceritain setangkep yang lo baca, abis itu kasih saran deh.
    CMIWIW ~

    eh iya kenalin gue GYERZ ANGKATAN JADUL BE, WKWKWKWK
    inget gue kagaaaak?

    ReplyDelete
  25. Gua pribadi tiap ninggalin komentar sih berusaha ninggalin komentar yg ga singkat dan bermakna, tapi kadang tergantung konten tulisan di blognya juga. Kadang ada artikel yg bacanya bikin pusing karena isinya ga jelas mau ngomongin apa, curhatan ga jelas ngalor ngidul gitu, atau ada yg nulis cerpen di mana baru baca dua tiga baris udah bikin pembacanya ga berminat baca. Nah kalo udah kayak gitu gimana caranya kita pembaca bisa ninggalin komentar panjang dan bermakna coba? Gua pribadi sih biasanya kalo liat banyak orang yg ninggalin komentar ga berbobot di kotak komentar blog gua, langsung introspeksi diri. Jangan-jangan tulisan gua kali ini kurang bagus? Gua baca ulang, perbaiki bagian yg menurut gua kurang bagus, tambahin gambar, perindah strukturnya.

    So, ya balik lagi ke kedua pihak, pembaca dan penulis harus sama sama introspeksi diri kalo menurut gua sih ya...

    ReplyDelete
  26. diriku kena tampar:")

    maaf ya gyerz aku masih suka pilih-pilih kalau kasih komentar waktu blogwalking, biasanya semua yg lagi promo postnya aku udah buka terus baca ceritanya tapi kadang ceritanya atau yang dibahas kurang menarik atau bikin pusing buat aku akhirnya malah bingung mau kasih komentar apa. Ujung-ujungnya aku gak kasih komen sih daripada aku kasih komen tapi malah ga nyambung :( maafin yaaa buat teman-teman yang di blognya aku ga pernah atau jarang kasih komen :(

    seneng bisa gabung di BE dari beberapa tahun yang lalu, kalau habis promo post pasti ada aja yg komen. Apalagi yang komen banyak duh rasanya seneng banget :D Selalu berbagi energy yaa man teman semua

    ReplyDelete
  27. seketika komentar-komentar diatas jadi panjang-panjang :v hayoo

    karena gua anti mainstream jadi gua pendek aja yak :v

    gua sendiri sih gak mempermasalah kan tentang komentar pendek-pendek yang penting apa yang gua share dan tulis itu jadi suatu ilmu bagi pembacanya,

    tapi gua paling gak bisa terima saat komentar pendek dan gak nyambung dengan isi postnya...

    misalnya ngomongin lontong tbtb dia nyambung ke siomay ... kan serasa gua percuma nulis lontong toh yang dikomentarin malah siomay-.-

    dalem hati gua "ini orang niat baca gak sih? kalau gak niat mending gak usah komentar" -.-

    ReplyDelete
  28. Wah berkat bukan blogwalking biasa . Jadi pada komentar panjang2 hehhehe
    memang bener banget sih mas paling jengkel klo lihat koment yang isinya . Thank ya artikelnya. Atau thank infonya. Ih gak banget dech. Tpi ya mungkin mereka masih belajar dan belom baca artikel ini. Semoga mereka bisa menghargai karya kita amin. Salam kenal ya mas dari cak mojib semoga bisa menjadi berkah. Amin

    ReplyDelete
  29. wah komentar diatas panjang - panjang sekali.. gue bisa gak yah komentar panjang gitu ? hehe
    harus bisa deh kayanya.. keren bang setuju juga nih, initinya kalo kita pelit ya orang lain juga pelit.. jadi kalo blog sepi ya mungkin gue yang masih jarang bertamu ke blog tetangga.. makasih bang atas tamparannya.. hehe

    ReplyDelete
  30. Saya lebih suka dikomentarin panjang. Terus, komentatornya kasih tau apa yang menarik dari postingan saya. Biar ke depannya saya bisa mereview bagaimana psotingan yang menarik untuk pembaca. Btw, saya baru gabung BE. Semoga kita bisa bekerja sama dengan baik ya. :D

    ReplyDelete
  31. memang mengomentari blog orang lain harus dengan bahasa yang baik, tentunya blog kita juga tidak ingin dikomentari dengan komentar yang singkat dan seperti spam. Terkadang memang ada rasa malas, tapi bisa di lawan tentunya dengan kebiasaan berkomentar yang baik, karena dengan kebiasaan akan membuat sesuatu lebih mudah, jika hal yang menjadi kebiasaan itu terlewat, pasti ada perasaan menganjal. Jadi, harus melakukan kebiasaan yang baik, yaitu berkomentar yang baik dan relevan, kemudian melakukan blogwalking

    ReplyDelete
  32. Ini entah gimana, perasaan komentar di postingan ini lebih panjang dari yang lain dah :3

    Oh iya, postingan ini menampar banget, Be, serius dah ._.

    Ranger juga pernah 'nampar' aku gegara 'nakal' pas blogwalking, dan setelah itu aku baru sadar, blogwalking bukan hanya sekedar baca cepat-sembarang komen-nunggu komen balik. Tapi, komentar yang bikin bloggernya seneng alias berbobot itu yang seharusnya ada di setiap blogwalking kita, apalagi buat member Blogger Energy yang terikat peraturan 'Komentar Berbobot'. Dan aku juga sadar, komentar berbobot membuatku lebih senang daripada cuma komentar gaje, dan komentar berbobot menurutku gak harus sepanjang cinta ibu pada anaknya, asalkan nyambung dengan postingan, walaupun (tidak terlalu) singkat, itu membuatku punya motivasi lebih untuk blogging lagi :)

    ReplyDelete
  33. Berkunjung ke blog sahabat alias blogwalking berharap dapat kunjungan balik yang nota bene kata SEO cara mendapatkan untuk bog. kalau ada kesempatan mampir gan terima kasih

    ReplyDelete
  34. aku juga sering ngeblogwalking buat blogku di kunjungi balik juga tapi yang salahnya aku komen di blog mereka dgn kata seada-adanya doang dan hasilnya bisa ditebak mereka ga kunjung balik (kacian)

    waktu baca ini baru sadar kalau blogwalking itu dinikmatin terus dapat liat tulisan orang dengan bermacam-macam genre

    sungguh peraturan di bloggerEnergy ini mengguntunkan bnget buat aku. thank you!

    ReplyDelete
  35. gue baca penuh tapi males ngetik. soalnya bw di hape. tapi, karna tulisan yang gue bw ini panjang dan gue tahu nulisnya enggak instant, gue berusaha sedemikian rupa agar memberikan kometar yang layak. maka dari itu, sekali bw, bw done nya tiga hari kemudian. baru gue promo lagi. ehehehe.

    ReplyDelete
  36. Hai, tebe :D

    Iya bener banget tuh kata tebe kalo gak niat bw mending gak usah deh daripada harus komennya singkat, padat, jelas apalagi kalo cuman "nice post"...

    Iya sih, aku juga terkadang gak suka kalo komen org di blog pendekkkk banget. Beda banget rasanya kalo baca komen yang panjang banget, rasanya seneng gimanaaaa gitu hihihhi

    yess!!! Meskipun peraturan BE itu ribet tapi menurut aku sih ya wajar-wajar aja karena demi kenyamanan semuanya juga sih. Intinya ya peraturan BE itu bisa bikin kita lebih menghargai karya orang lain gitu deh pokoknya. Semoga member BE selalu bisa saling memberikan energi satu sama lain ya :)

    ReplyDelete
  37. Wah, gara-gara baca postingan ini semuanya jadi komentar yang panjang-panjang ya. Sebenarnya kata Tebe itu bener banget. Sangat-sangat bener. Tapi ya gimana lagi, kadang-kadang saya bingung kalo mau komen panjang-panjang. Jadi ya seadanya saja yang penting saya ikhlas berkomentar. Selain itu juga sbagai rasa terimakasih saya untuk mereka yang berkomentar di blog saya.

    ReplyDelete
  38. iiiih komentar panjang itu bingung tau, takut kalo salah ngomong juga malah jadi tersinggung yang baca nya. Aku sih lebih sering cuma baca-baca postingan orang daripada komentar, tapi aku engga pernah promo kok. Jadi aku komentar kalo aku lagi pengen komentar aja, kalo pas ada yang mau blogwalking balik ke blogku ya alhamdulillah, tapi kalo engga yaudah.

    ReplyDelete
  39. Iya juga ya Be, blogwalking itu penting buat kehidupan per-blogger-personal-an. Etapi kadang kalo postingannya serasa nggak perlu dikomenin panjang, nggak apa-apa kan Be?

    ReplyDelete
  40. Nice post.
    hihi, yang atas jadi panjang-panjang komentarnya.

    Kalo menurut gue sih, cukup mikir aja. Coba keadaanya dibalik. Kita capek-capek nulis panjang dikomentarnya cuma sebaris. Nulis kan juga butuh konsentrasi. Dan gue yakin sebelum diposting pasti dibaca-baca dulu, diperiksa lagi sama penulisnya. Dan masih ada aja orang yang komentar pendek.
    Sama kayak postingan gambar, ceritanya ada, tapi komentarnya cuma "gambarnya keren. Bikinin dong" -_____-

    ReplyDelete
  41. Sebagai orang yang tergolong baru gabung di BE. Aku jadi lebih paham pentingnya Blogwalking. Ya salah satunya nyambung silaturahmi. Baru-baru kemarin aku rajin promo dan rajin Blogwalking. Dan ternyata itu nyenengin. Mudah-mudahan postingan ini bisa menyadarkan mereka yang belum rajin blog walking. Aku baru sadar kemarin-kemarin. Komentar adalah penghargaan bagi seorang blogger personal.

    ReplyDelete
  42. yupz... jd istilahnya klo ingin dicintai, maka mencintailah. hehheh...
    jd, klo pengen blognya di senengin, maka bkin seneng dlu blog org lain.

    tp mnurut aq, klo komen tu gak penting panjang ato pendeknya. yg pnting nyambung aja sm isi tulisan. krn pngalaman pribadi bnyak blogger yg komen panjang2, tp dia gak ada baca pstingan kita. yaudah gak nymbung deh. rasanya tu kyak e'ek tp gak da air buat cebok...

    ReplyDelete
  43. Aku baru gabung nih di BE, salam kenal :)
    postingan diatas juga bagus, aku lebih seneng kalau ada yang komen diblog panjang, tapi nyambung. dari pada cuma yang dikit gitu. aku tau sih mereka udah ninggalin jejak dengan cara komen, tapi kadang suka nanggung. jadi lebih enak jawab yang panjang juga sih wkwkwk.

    ReplyDelete
  44. Bikin Undangan pernikahan Jogja hanya di Mangrove gejayan. Tanya – tanya dan konsultasi cetak bisa ke Mangrove Gejayan.
    http://mangrovegejayan.com/2016/06/25/undangan-pernikahan-jogja-di-mangrove-gejayan-0813-2965-5065/

    ReplyDelete
  45. Yupp.... memang seneng banget rasanya tulisan kita dibaca sekaligus dikomentarin positif. Dan komentarnya pun yaaa setidaknya bikin kita puas dan termotivasi lagi buat menulis. Komentar yang pendek dan gak ada maknanya sama aja dengan nol besar, mending gak usah bw kali ya..haha. O, iya... baru kali ini bw dimari. Salam kenal...semoga para anggota BW jadi tersadar kembali akan aturan yang diterapkan BE.

    ReplyDelete
  46. bagus kak, keren banget artikelnya sangat membatun untuk meningkatkan jualan grosiran saya www.jaketmurahbanget.id
    Thx ya kak ^_^

    ReplyDelete
  47. artikelnya sangat membantu kak, sangat-sangat membantu buat peningkatan kunjungan www.jaketmurahbandung.com

    ReplyDelete
  48. salam kenal sesama blogger
    jika sempat search google :

    komunitas hobi fotografi informasi beragam

    ReplyDelete
  49. Aturan ini seharusnya bukan menjadi aturan dan hanya berlaku di BE saja. Ketika anda memilih menjadi seorang blogher, bukan blogwalking biasa harus terpatri didalam jiwa kalian. Sehingga dengan penuh kesadaran dan tanpa aturan harus berkomentar panjang, jari jemari kita sudah lepas mengetik dengan sendirinya,tau tau komemtar kita lebih panjang dari artikelnya.

    Saya sendiri sangat jengkel jika dikomentari nice post, artikelnya bagus, menginspirasi banget, dll. Percuma saja, komentar seperti ini sama saja tidak menghargai penulis. Komentar saja pelit, sudah pasti tulisan kita tidak dibaca. Mending baca aja artikel kita sampai selesai dari pada berkomentar hanya 3 kata. Sekian dari saya, salam kenal.

    ReplyDelete
  50. member baru BE,
    Baca ini yah baik baik :v

    ReplyDelete