[TipsBE] Tips Menghindari Stres


Setiap orang rentan mengalami stres, entah itu stres karena pekerjaan atau stres masalah status hubungan. Iya, status hubungan yang masih aja sendiri, enggak ada pasangannya. Stres itu enggak ada enak-enaknya. Lebih enakan enggak stres, lebih enak lagi enggak stres terus duitnya banyak.

Kalau udah stres, mau ngapain aja pasti enggak enak. Mau mainin perasaan orang enggak enak, mau tiduran enggak enak, sampai mau makan pun juga enggak enak. Ya, walaupun emang lauknya yang enggak enak sih.

Stres juga bisa bikin dijauhi sama temen, sapa sih yang mau deket-deket orang stres. Soalnya orang stres sukanya khilaf. Sering ada kan, berita kejahatan yang awalnya gara-gara pelakunya stres. Nah, biar kalian terhindar dari masalah stres, yang enggak ada enak-enaknya, nih Tebe kasih beberapa tips untuk menghindari stres. Nyimaknya jangan sambil stres ya..

Membaca buku

Kalo pikiran lagi suntuk ada baiknya kita mulai buka buku favorit. Karena tentu dengan membaca buku dapat menghilangkan stres, bahkan bisa menormalkan mood kita, kayaknya cocok buat cewek yang lagi PMS, Pengen Makan Seseorang. Nah daripada makan seseorang, mending baca buku aja. Asal jangan buku hariannya pacar, kalo ada kisah sama mantan, bisa-bisa malah jadi makan orang beneran.

Dengan membaca buku juga bisa membuat otak tetap aktif, tapi buku yang dibaca tentunya disesuaikan dengan minat kita.

Jalan-jalan

Siapa yang nggak suka jalan-jalan? Semua orang pasti suka jalan-jalan, Jalan-jalan kemana? Ke hatimu, ehm.. garing ya.

Kita coba lihat dialog ini deh, yang A cowok, yang B cewek:
A ; “Kamu pilih jalan-jalan atau tidur?”
B : “Aku pilih tidur?”
A : “Kalo gitu aku pilih jalan-jalan. Aku soalnya mau jalan-jalan ke hati kamu”
B : “Eh, nggak jadi deh, aku pilih jalan-jalan”
A : “Yaudah, aku pilih tidur, supaya nanti aku bermimpi, bisa jalan-jalan berdua sama kamu”
B : “Bentar.. aku mau umroh dulu, ya”

Tentunya dengan jalan-jalan mampu membuat pikiran kita fresh dan mampu men-charge pikiran kita yang sudah jenuh dan bosan dengan rutinitas sehari-hari.

Main Game

Kalo yang ini mah nggak usah ditanya lagi, emang hobi, hehe.. Game itu sekarang banyak yang menarik. Kalo dulu ada game CS, PB, dan sebagainya, sekarang game didominasi oleh android.

Iya, android, ada yang belum punya? Maaf, kamu terdeteksi ketinggalan zaman. Sekarang semua hp kayaknya android, emang apa bagusnya sih android, saya juga bingung. Ternyata game android memang seru, banyak permainan yang menarik untuk dimainkan seperti COC dan sebagainya.

Makan di Tempat Baru

Ya,.. makan dengan suasana baru pastinya menyenangkan sekali. Kita dapat merasakan nuansa yang berbeda. Dengan makan di tempat makan baru, tentunya bukan di tempat makan yang biasa makan bersama mantan teman-teman kita, pastinya memberikan kesan tersendiri. Pasti kita akan mengajak teman-teman kita untuk makan disitu.

“Hai”

“Hai, ada apa nih, kok keliatannya seneng banget”

“Ini gue punya tempat makan baru, lo mau ikut nggak”

“Mau, kalo lo yang bayarin, hehe..”

Sekali-sekali nggak ada salahnya traktir temen, hitung-hitung menambah keakraban. Siapa tahu dia memang sedang krisis keuangan, kita kan tidak pernah tahu. Kita juga harus selalu membantu teman yang kesusahan.

Akhirnya lo yang dibantu sama temen karena hobi nraktir temen.

Jangan mikirin mantan

Buat yang udah pacaran, terus putus, tips ini cocok sekali untuk menghindari stres. Buat yang jomblo sebaiknya tulisan ini di skip, sebenarnya yang nulis aja belum pernah pacaran. Saya tuh bingung, apa bagusnya pacaran? Entahlah.

Kenangan tentang mantan sebaiknya dibuang sejauh-jauhnya. Anggap saja mantan itu tidak pernah ada, itu hanya mitos, atau itu hanya legenda atau mungkin cerita fabel. Mantan itu sejenis air hasil parutan daging kelapa. Ok fix lupakan mantan.

Menulis

Ini emang canggih banget, menulis. Yup, tentunya dengan menulis kita dapat menuangkan berbagai perasaan, unek-unek, gagasan kita, sehingga pikiran kita menjadi plung. Tentunya menulis yang baik itu tidak mudah, dibutuhkan latihan yang rutin, tetapi jika ada semangat, saya yakin pasti bisa.

Menulis memang kegiatan yang menyenangkan, tentunya menulis juga harus diimbangi dengan banyak membaca. Sehingga tulisan kita menjadi lebih baik lagi. Menulis itu asyik, kita dapat menghilangkan kejenuhan dan juga yang paling penting menghindari stres.

Dengan menulis, kita dapat meluapkan berbagai perasaan kita, seperti kesal terhadap mantan teman atau orang lain. Kita tidak perlu marah-marah di depan mereka, cukup dengan menulis kita dapat menghilangkan berbagai emosi marah yang kita pendam.

Saya agak heran, biasanya kalo ada yang marah, malah diteriakin kayak gini, “Eh, lu jangan pake emosi donk” Sekarang saya beritahu, emosi itu macam-macam, ada marah, kesal, sedih, senang, galau dan sebagainya. “Jangan pake emosi donk,” Berarti kita disuruh nggak pake emosi donk? Emangnya kita robot. Makanya kalo ada yang marah, kita bilang kayak gini, “Jangan marah donk, marahnya ditulis aja ya” itu baru benar.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya, semoga tulisan ini bermanfaat bagi negara, bangsa, masyarakat dan kita semua, semoga kita bisa menghindari stres.

Nama : Aldi Rahman Untoro
Akun Twitter : @108_Aldi
[TipsBE] Tips Menghindari Stres [TipsBE] Tips Menghindari Stres Reviewed by Blogger Energy on 13:31 Rating: 5

17 comments

  1. aku sukanya yabg baca buku. bisa ngelupain semua deh. apalagi kalo buku komedi

    ReplyDelete
  2. wkwkwk, tulisan saya jadi beda, hehe... Jadi lebih kelihatan keren dan gaul, soalnya bang Edozt yang ngedit. Terima kasih bang udah ditampilin, jadi semangat menulis lagi. Saya mau kirim artikel lagi, ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Beuh. Baru tau saya kalau PMS itu kepanjangannya pengen makan orang. Hahaha. Lucu. Terus, maksudnya apa tuh nganggep kenangan mantan sama seperti cerita fabel? Dikira mantan itu binatang yang bisa ngomong. Kocak ah! Good job buat Edotz dan Aldi. Kalian kompak. Jadian gih.

    ReplyDelete
  4. Kalau baca buku emang buat gue ampuh banget ngilangin stress, asal bukunya buku komedi atau motivasi, kalau buku teenlit apalagi yang masalah cinta, bisa bahaya tuh ._.

    Kalau jalan-jalan emang bisa juga sih, apalagi kalau sama mantan eh temen, pasti bakal banyak yang dikerjain dan hilang dan stress.

    Kalau main game, dari jaman main Ninja Saga di FB sampai sekarang pada rame COC sama Get's Rich, gue mah masih setia sama PES. Itu game yang gak bikin bosen, tapi kalau pas stress disarain pakai Beginner aja, biar keliatan ngebantai mulu. Kalau dipasang Top Player malah bikin pengen ngebanting Joystick mulu xD

    Kalau makan-makan mah itu salah satunya terjadi setelah jalan-jalan, biasanya kan habis jalan-jalan laper, akhirnya makan dah. Masalah traktir itu anggap aja sedekah, apalagi bisa jadi temen yang ditraktir jadi ngebantu seperti yang lu bilang

    Ah, mikirin mantan gue gak komen ._.

    Nah, kalau menulis ini yang paling mantap, dijamin dah, selain stress hilang, bisa jadi tulisannya lu itu suatu mahakarya :D.

    Dan betul kata lu, emosi itu kagak cuma marah doang, dah kalau ada yang marah, bilang seperti yang lu bilang, "Jangan marah dong, marahnya ditulis aja,"

    ReplyDelete
  5. Aku kalau stress ngapain ya? Paling juga online, atau nonton film, sambil jajan. :D

    ReplyDelete
  6. 1. Membaca Buku : Sebenarnya, pada hakikatnya orang stres disuruh baca buku. Itu adalah kegiatan yang terbilang jarang dilakukan. Kenapa? Karena membaca buku ini, bagai penikmat bacaan saja. :D "Alasan males baca"

    2. Jalan-jalan : "Iya, ke hati mantan kamu..." Jalan sih, boleh-boleh aja. Tapikan harus liat2 dulu, supaya tau ke mana tujuan yang akan kita datangi. Kadang, orang yang mau ngilangin stres, pas jalan malah ketemu mantan sedang memadu kasih. "Lah.. ini kenapa jadi curhat.." AHhsudahlah

    3. Main Game : Nah, ini tips yang gue bilang kerennya level baik. Habisnya, banyak banget orang yang setelah main game, bisa kembali segar seperti punya pacal balu. "Seger... banget." Terus, main gamenya model perang. Itu meluapkan kekesalan banget deh..

    4. Makan di Tempat Baru : Ini asik juga. Tapi sayang banget deh. Buat anak kosan, mending beli indomie ketimbang beli makan di tempat baru, menu baru, suasana baru, dan tenyata pacar belum juga ada yang baru. -_- "sakit tau.."

    5. Jgn mikirin mantan : Ini, nih. Keren tapi penuh tanda tanya?

    6. Nulis : Stres malah nulis. Canggih banget deh. Gue setuju sama yang ini. Iya, supaya bisa meluapkan kekesalan dengan deratan para mantan.

    ReplyDelete
  7. wah aku nggak mikirn mantan kok, bener deh bener, aku gak mikirin.. hahaha

    Paling efektif yang ke lima karena unek - unek bisa dikeluarin sehingga tingkat stress karena masih dirahasiakan jodohnya ( dibaca: jomblo) gak terlalu terpikirkan.. :D

    ReplyDelete
  8. Ada lagi sih kalau gue. Nyanyi. sebenernya gak bneeran nyanyi, tapi lebih ke menceracau dengan bunyi. Yak. Semakin gue teriak, semagakin galaunya ilang. Dan ya satu lagi, TIDOR!

    ReplyDelete
  9. Baca buku, tergantung buku apa dulu nih yang dibaca, kalau buku horror sih jangan bisa-bisa malah tambah stress terus ketakutan. Sungguh perpeduan yang tidak pas

    Jalan-jalan, kan kita udah setiap hari jalan-jalan masa ngesot-ngesot (?) Mungkin harus coba jalan-jalan ke tempat yg adem kayak taman

    Main game, gamenya lebih baik yang lucu-lucu daripada main game yg susah nanti tambah stress

    Makan di tempat baru, kalo biasanya makan di ruang makan sekarang coba makan di kamar mandi

    Jangan mikirin mantan, kalo nggak punya mantan mikirin siapa dong ?

    Nulis, kalau aku stress dibuat nulis malah hasilnya nggak bagus. Alurnya nanti malah kacau. Tapi tergantung orangnya juga sih

    Mau nambahin nih dengerin musik juga bisa ngilangin stress lo. Atau makan coklat juga bisa

    ReplyDelete
  10. gue biasanya klo stress nggak mau baca buku pelajaran saat stress. bukan ngilangin stress, tpi malah bikin stress.
    gue setuju sama sma yg disebutin diatas. yg makan di tmpat bru agak ga stuju. soalnya gue mahasiswa, yg lbih milih mnta di traktir ktimbang nraktirin orng lain.

    yg terakhir, nulis, emang paling ampuh sih. apalagi ktika lgi galau, bklan plong banget abis nulis gitu

    ReplyDelete
  11. Tipsnya boleh banget dicoba, gan. Tapi agak kasian jga pas tau yg nulis blum pernah pcaran..kmu yg sabar ya..gue sendiri klo lgi stress biasanya bersih bersih. Dri nyuci baju, nyuci piring, trus nyapu dn ngepel kamr smpe smuanya diberesin. Klo msih stress gue jga biasanya sbersihin baling baling kipas angin..trus mandi sma luluran pkoknya temanya bersih bersih aja...klo masih kurang ga stress ya udah bersihin dompet aja ke mall. Aku mah gitu orangnya..curcol muluuuu

    ReplyDelete
  12. Baca Buku : Ini bener banget, apalagi yang dibacanya itu buku-buku sesuai selera gue kayak contohnya buku komedi. Bener-bener bisa ngilangin stress dan ngembaliin mood banget.

    Jalan-jalan : Kalo ini mah nggak usah diragukan lagi. Siapa sih yang nggak hilang stressnya kalo abis jalan-jalan. Apalagi jalan-jalannya berdua, sama orang yang disayang. Kayak gue pribadi, gini-gini gue kalo kemana-mana selalu berdua, sama bayangan gue sendiri

    Main game : Ini mah gue banget. Setiap lagi bete, langsung cabut ke warnet dan main game online bareng temen-temen. Menurut gue, tips ini yang paling ampuh.

    Makan di tempat baru : Ini bener nih. Suasana baru biasanya selalu mendatangkan semangat yang baru juga

    Jangan mikirin mantan : No comment.

    Nulis : Yang ini nggak usah diragukan lagi kecanggihannya. Karena dengan menulis kita bisa meluapkan segalanya.

    ReplyDelete
  13. gue kalau lagi stres gara-gara tugas banyak, biasanya gue ngelakuin nonton film atau komedi, dengerin musik, sama main game. kalau jalan-jalan gue biasanya kalau lagi stres berjamaah sama temen-temen baru jalan-jalan biar seru, kalau stresnya sendirian terus jalan-jalan malah tar jadinya galau bisa tambah stres, liat orang lain jalan sama pasangan, sedangkan kita jalan sendirian doang jadi kerasa jomblonya. hahaha

    prinsip gue kalau lagi stres, kita masuk dulu ke zona kesenangan kita, hingga kita bisa bahagia. ketika kita udah merasa senang baru kita masuk lagi ke zona permasalahan kita.

    ReplyDelete
  14. Menghindari stress. Pas banget ini. Hahaha.
    Tips-nya bener bnaget, nih.
    Membaca. Membaca postingan teman-teman di blog juga termasuk membaca, kan? Kadang ada aja nemuin tulisan lucu yang bikin ketawa dan bikin mood balik lagi. Kayak tulisan ini. Ciyeee. :))
    Jalan-jalan. Enaknya kalo jalan-jalannya lagi punya uang. Kalo jalan-jalan tapi nggak punya uang, ya udah, makin stress itu mah. Hahaha.
    Main game okelah. Tapi sekarang-sekarang ini aku jarang main game. Nggak kayaki dulu. Haha. Kenapa ya? :/
    Traktir temen. Bolehlah. Sesekali bersedekah. Bisa jadi stressnya gara-gara jarang bersedekah. Astagfirullah..

    ReplyDelete
  15. Itu mantan apa santan? hahaha toss deh, seprinsip sm penulisnya :D
    tipsnya udah diterapin sebagian, yg menohok itu baca buku, jalan-jalan, nulis.. itu bener banget. klo main game?? itu hal yg ku hindari. haha. soalnya gampang addict, pernah instal game chocolate factory--jadi pemain disuruh ngurus pabrik gitu, belanja coklat keliling dunia. duh, seru, tp sekarang udah ku delete biar nggak addicted gitu :D kalo makan di tempat baru.. nunggu ada yg traktir dulu kali ya? haha kidding

    ReplyDelete
  16. gue pernah bilang sma teman 'jngan emosian dong' terus teman gue malah sewot. waktu baca ini ternyata yang gue beritau salah.

    postingan bermanfaat bagi saya tapi belum tentu untuk bangsa, negara dll :p

    ReplyDelete