Alasan Kenapa Harus Beli Buku Asem Manis Cinta


Setelah kemarin gue membuat review buku Asem Manis Cinta, ga lengkap rasanya kalo gue belum menuliskan alasan-alasan kenapa kalian harus memiliki buku tersebut.  Kalo diibaratkan, seperti menjelaskan secara detail suatu barang, tapi tidak diberi alasan kenapa kita harus memberi barang tersebut.

Disini kalian pasti sudah tau kan buku Asem Manis Cinta? What, ada yang masih belum tau? Kemana saja kalian selama ini?

Oke, bagi yang belum tau, disini gue akan menjelaskan kembali apa itu buku Asem Manis Cinta. Buku Asem Manis Cinta ini adalah buku pertama hasil karya dari anak Blogger Energy. Buku ini berisi 12 Cerita Cinta Unyu yang ditulis oleh 12 member Blogger Energy. Eiits, tapi kalian jangan salah, keduabelas cerita cinta unyu tersebut bukanlah cerita cinta yang menye-menye, cemen, galau dan sebagainya. Tapi di keduabelas cerita tersebut kalian akan menemukan suatu hikmah yang luar biasa dari setiap bab nya. Pengen tau apa saja hikmahnya, silahkan baca di review gue.

Selain ini merupakan buku perdana dan buku kebanggaan dari Blogger Energy, buku ini sekaligus juga membuktikan bahwa komunitas Blogger personal seperti kita semua juga bisa membuat buku. Emang selebtwit aja yang bisa bikin buku? Kita juga bisa!

Nah, sekarang udah pada tau kan apa itu buku Asem Manis Cinta. Oke, sekarang gue akan kasih alasan-alasan kenapa kalian harus punya buku tersebut.

1. Covernya Unyu
Kalian disini semua pasti suka dengan hal-hal yang berbau ‘unyu’ bukan? Mulai dari cowok dan cewek yang unyu, benda yang unyu, hewan yang unyu, dan berbagai macam hal yang bisa dibilang unyu. Jika kalian semua pecinta hal yang unyu, berarti kalian pasti akan tertarik dengan cover buku yang satu ini. Covernya yang unyu itu pun pasti akan membuat kita tertarik untuk membawanya pulang. Tapi kalo mau bawa pulang, jangan lupa bayar ke kasir dulu yaa. Gue yakin kalian pasti akan jatuh cinta pada pandangan pertama setelah melihat cover buku Asem Manis Cinta.

Mungkin istilah ‘Don’t judge a book by cover’ tidak akan berlaku bagi buku Asem Manis Cinta. Karena apa? Karena gimana kita bisa nge-judge kalo covernya aja udah unyu dan keren kayak gitu. Kalo diibaratkan, kalian bisa gak nge-judge orang yang orang tersebut keliatan keren? Tentu saja tidak bisa. Sama halnya dengan buku Asem Manis Cinta, gimana kita bisa nge-judge kalo covernya aja udah terlihat keren.
So, kalo covernya aja udah bagus, apalagi isinya.

2. Lahir dari Penerbit Keren
Setelah gue ngomongin tentang betapa unyunya cover dari buku Asem Manis Cinta, sekarang gue akan ngomongin lebih dalam lagi, tentang penerbit. Kita semua pasti tau sebuah buku tidak akan lahir tanpa adanya penerbit.

Buku kebanggan kita ini lahir dari penerbit yang super keren yaitu Grasindo. Kita semua tahu kalau Grasindo memang melahirkan buku-buku yang sangat keren. Gue ambil salah satu contoh buku terbitan Grasindo yang sangat fenomenal yaitu novel 5 cm. Novel karya Donny Dhirgantoro ini menceritakan tentang perjalanan 5 sahabat untuk mencapai puncak gunung semeru. Bahkan novel 5 cm ini mencetak rekor Bestseller book di Gramedia Bookstore selama 2 tahun berturut-turut. Sehinga novel itu pun diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama pada tahun 2012.

Sekarang kita sudah tahu bahwa Grasindo yang telah melahirkan buku Asem Manis Cinta ini adalah penerbit yang keren. Kita juga tahu buku dari Ranger Biru, Bang Edotz, yang berjudul Cancut Marut pun juga diterbitkan oleh Grasindo.

Seperti halnya bayi, ketika dia lahir dari rahim seorang Ibu yang baik, maka bisa diperkirakan bayi tersebut juga baik, karena membawa sifat dari orang tuanya. Begitu pula buku Asem Manis Cinta ini, karena dia lahir dari penerbit yang hebat, maka sudah dipastikan isi buku ini pasti bagus dan hebat tentunya.

3. Endorsement dari Penulis Hebat
Kita terkadang menjumpai di setiap buku keren selalu ada endorsement-nya. Endorsement itu semacam kayak komentar gitu lah. Untuk buku Asem Manis Cinta sendiri ada endorsement dari penulis novel komedi lontang-lantung, Roy Saputra. Bahkan novel dari Roy Saputra sendiri juga sudah diangkat menjadi film yang tayang pada tanggal 8 Mei kemarin.

Beginilah bunyi komentar dari Roy Saputra:
“Sesuai dengan judulnya, buku ini mengajak kita untuk merasakan cinta dari berbagai rasa, masa, dan gaya. 12 kisah dari 12 sudut pandang pencerita jadi variasi seru yang pas buat teman perjalanan atau pendamping kudapan saat senggang. Ga percaya? Rasain sendiri deh asem manisnya cinta dari 12 pencerita muda!”

Kita sudah melihat penulis komedi hebat seperti Roy Saputra saja memberikan komentar bahwa buku Asem Manis Cinta ini pas buat teman perjalanan atau pendampin kudapan saat senggang. Dan itu bener banget.

Buku Asem Manis Cinta ini memang bisa menemani anda disaat anda memiliki waktu senggang. Selain itu, buku ini juga mempunyai manfaat lainnya seperti; bisa menemani anda para jomblo ketika mengahadapi malam minggu yang panjang. Menemani ketika bete, laper, atau boring. Menemani seseorang yang sedang galau karena habis diputusin pacar. Dan yang paling penting, buku ini juga bisa menemani anda yang memiliki rasa kesepian yang lama atau yang disebut jomblo ngenes (seperti gue).

Jadi, kalo kalian butuh temen, buku ini bisa kok menemani kalian dengan senang hati :)

4. Pelajaran Tentang Cinta
Kita sudah tau buku Asem Manis Cinta merupakan buku yang berisikan 12 cerita cinta. Tapi kalian jangan salah, cerita cinta di dalam buku ini bukan cerita cinta cemen seperti; kenalan di facebook/twitter -> ketemuan -> pacaran -> bertengkar -> putus -> gantung diri -> tamat. Sungguh bukan cerita cinta yang seperti itu.

Tapi, di dalam buku Asem Manis Cinta ini, kalian akan merasakan berbagai macam rasa dari cinta. Mulai dari cinta yang manis, asem, asin, vanilla, mocca, sampai yang pahit sekalipun.

Kalian mungkin mengira kalau cinta hanya ada rasa manis dan pahit doang. Manis ketika baru jadian, dan pahit ketika baru putus. Tapi gue jamin ketika kalian sudah menyelesaikan buku ini dan sudah membacanya sampai halaman terakhir, gue jamin kalian pasti tersenyum puas dan bilang “Oh, ternyata cinta banyak rasanya juga yaa.”

Dengan adanya banyak rasa dari cinta tersebut, tentu saja pelajaran yang bisa diambil dari buku tersebut sangat banyak. Kalian tentunya akan menemukan banyak sekali hikmah dari setiap bab yang ada di buku Asem Manis Cinta ini.

Gue yakin kalian pasti akan mendapatkan pelajaran dan hikmah yang sangat berharga setelah kalian sampai di halaman terakhir.

5. Buku Karya Blogger
Buku Asem Manis Cinta ini adalah buku yang ditulis oleh 12 Blogger keren dari Blogger Energy. Buku ini juga membuktikan bahwa kami para Blogger Personal juga bisa membuat karya berupa buku. Mungkin beberapa orang hanya mengira seseorang yang bisa membuat karya berbentuk buku adalah seorang penulis yang hebat, seorang yang sudah bertahun-tahun sudah mendalami dunia tulis-menulis. Tapi kenyataannya, seorang Blogger Personal seperti kita pun juga bisa membuat buku.

Tidak sulit sebenarnya tugas kita sebagai Blogger untuk menghargai karya saudara kita sesama Blogger. Terutama kita sebagai anggota Blogger Energy, karena ini adalah buku perdana kita dan ini adalah buku kebanggaan kita. Asem Manis Cinta adalah buku yang menunjukkan bahwa anak-anak Blogger Energy tidak hanya bisa membuat postingan random di blog, tapi kita juga mampu membuat karya berbentuk buku yang bisa berjejer dengan buku dari penulis hebat lainnya.

Maka dari itu kita hanya perlu melakukan hal sederhana, yaitu menyisihkan uang kita sebesar 40.000 rupiah dan membeli buku Asem Manis Cinta. Dengan kita membeli buku Asem Manis Cinta, maka kita sudah bisa menghargai karya saudara kita di Blogger Energy.

6. Seluruh Royalti Disumbangkan
Allah SWT berfirman: “Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang di kehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (Q.S. Saba 34:39)

Itu adalah ayat yang gue ambil dari Alquran yang menceritakan tentang betapa pentingnya kita bersedekah. Gue baru tahu dari Ranger Hitam, Bang Bayu, bahwa ternyata royalti dari buku Asem Manis Cinta ini rencananya akan disumbangkan. Dan itu berarti kita yang membeli buku Asem Manis Cinta secara tidak langsung kita juga ikut bersedekah.

Mungkin 40.000 rupiah dimata kita tidak ada apa-apanya, tetapi bagi mereka yang membutuhkan itu sangatlah berharga. Kalian jangan pernah khawatir kalo uang kalian akan berkurang setelah membeli buku Asem Manis Cinta. Karena sesuai ayat diatas yang gue garis bawahi, jika kalian bersedekah, maka Allah akan menggantinya dan bahkan 10 kali lipat.

Allah tidak hanya membalas sedekah kalian dengan uang yang setimpal, tetapi Allah juga bisa membalas sedekah kalian dengan ilmu. Mungkin sedekah kalian akan dibalas dengan; kemampuan menulis kalian akan ditingkatkan, blog kalian semakin rame, kalian diberi rezki lewat blog, atau kalian bisa menemukan jodoh kalian lewat blog, dan lain-lain. Semuanya bisa saja terjadi jika Allah menghendaki.

Kesimpulannya, bersedekahlah kalian dengan cara yang sangat sederhana yaitu: membeli buku. Gue yakin kalo kalian ikhlas, niscaya Allah akan menggantinya dengan amal perbuatan yang berlipat-lipat. Amiin.
---

Itulah alasan-alasan kenapa kalian harus beli buku Asem Manis Cinta. Tentunya kalian sekarang sudah tidak usah ragu lagi mau beli apa enggak. Asem Manis Cinta ini adalah buku yang bagus dan memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Mulai dari kita mendapatkan pelajaran tentang cinta disetiap babnya, kita menghargai karya sesama Blogger, sampai kita juga bisa bersedekah hanya dengan membeli buku Asem Manis Cinta.

Sederhana tapi penuh makna toh?

Untuk member Blogger Energy yang sampek sekarang masih belum punya buku Asem Manis Cinta, buruan beli yaa, soalnya ini adalah karya dari saudara kalian di Blogger Energy sekaligus buku kebanggaan grup kalian tercinta ini. Okeh *kedipin mata*

Satu kalimat penutup dari gue:
“Buku ini wajib kalian miliki!”

Ini orang-orang yang kece maksimal yang udah beli buku Asem Manis Cinta. Foto kamu sama buku Asem Manis Cinta mana? Mention aja di @BloggerEnergy entar bakalan dipublish kok :)






Penulis: Maz Reyza Zamzamy
Twitter: @mazreyzaz

Blog: www.zamzamblog.com
Alasan Kenapa Harus Beli Buku Asem Manis Cinta Alasan Kenapa Harus Beli Buku Asem Manis Cinta Reviewed by Blogger Energy on 16:37 Rating: 5

33 comments

  1. Wah Rey bener banget tuh! Aku setuju banget sama alasan-alasan di atas. Ditambah ada beberapa quote yang keren dan itu membekas sampe sini... *nunjuk dada*

    Seperti yg ranger bilang, kalo habis beli buku ini pasti kita nggak akan nyesel beli. Of course! Aku nggak nyesel sama sekali. Yang aku sesalin, kenapa ceritanya sedikit. Udah, itu aja.

    Btw, ekspresi paling aneh dari foto gyerz itu kenapa cuma Kapik ya-___- ngakak liat foto dia absurd sendiri.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya harus ikutan beli nih... itung-itung ikut memberi hibah,,,

    Buat Reyza.. thanks bro.. udah mencoba mengenalkan gue lebih dekat dengan buku Asem Manis Cinta.
    Buku Asem Manis Cinta ,, yang sabar ya lo pasti akan gue beli...

    ReplyDelete
  3. Ciyee tulisannya Reyza keren, memacu banget nih buat orang beli nih buku.. ASEM MANIS CINTA memang wajib dimiliki khususnya buat member BE!

    ReplyDelete
  4. udah bukunya seru buat di baca, dapat pahala juga karena bisa berbagi untuk orang-orang yang lebih membutuhkan, jadinya kan lengkap sudahh hihihi.
    bener banget, enggak sekedar corat-coret di blog, blogger gak akan lengkap kalo gak ada bukunya, huhu aku kapan yah bisaa :(
    Untuk tulisan maz reyza ini kereen, bisa hipnotis pembeli untuk buruan beli hihihi

    ReplyDelete
  5. Sampai sekarang belum kesampaian beli padahal sudah niat. Hooh, moga-moga saja ada rezeki berlebih lagi dari nulis. Pengen sedekah juga. Dan rasanya kurang klop kalo sampai sekarang belum ngerasain gimana rasa asem manis dari cinta versi teman-teman BE.
    Eh, Rey, tulisanmu rapi dan apik. Sabar amat menyusun foto yang pasti didapat dari hasil perburuan sana-sini. :D

    ReplyDelete
  6. Dari keseluruhan alasan ke apa mesti beki buku asem manis cinta, aku jadi makin ngebet mau beli. Maaf bekum bisa beli bukunya:'(

    ReplyDelete
  7. Setuju banget gue sama poin poinnya, apalagi isi poinnya detail banget reyza ngasih tahunya. Jadi terkesan lebih mendalam.

    Sebagai orang yang baca tulisan ini, gue juga ngerasa buku itu bener bener bagus kayak yang dikasih tahu reyza, jadi bisa dibilang sukses lah tulisannya ngajak orang beli. Tinggal orangnya aja lagi mau bener2 beli atau cuma sekedar komen "aku mau beli" aja

    ReplyDelete
  8. Yup...tak akan menyesal beli buku ini. Saya juga belum lama beli bukunya karena memang baru nongol di gramed minggu lalu...hehe
    Berbagai macam peristiwa yang dirangkum dalam sebuah buku. Gaya bercerita dari 12 penulis yang berbeda. Yup, selamat membeli dan selamat mebaca ^_^

    ReplyDelete
  9. dari awal terbit udah niat beli tapi sampe sekarang belum jadi-jadi. belum ada ke gramedia akhir-akhir ini. *plak!

    kalo gitu gue bakal beli di bulan puasa ini. biar sekalian beramal :)

    ReplyDelete
  10. bener-bener buku yang keren dari BE. hadiah ulang tahun BE yang luar biasa. lihat covernya yang unyu aja udah bikin naksir pengen buru-buru ngegebet buku AMC. gue juga baru tau ternyata royaltinya mau disumbangkan. tambah seneng bisa beli buku ini. selain itu juga sebagai bentuk apresiasi terhadap karya temen sendiri. rasanya bangga gitu punya temen yang bisa nulis.

    ehh itu fotonya si rola sama keponakan gue juga ada. :D

    ReplyDelete
  11. loh, kok poin isi bukunya keren dan menyentuh kok nggak ada sih -__-
    aaak mas zam nulis di sini! sering sering yak.
    aku udah beli bukunya juga loh..

    ReplyDelete
  12. yaaaa... mending buruan pada beli terus twitpic daripada bilang mau beli mau beli tapi gak beli beli ~~~

    ReplyDelete
  13. Coba Rey nulis review atau resensi untuk dikirim ke media cetak. Pemaparannya asyik.Lumayan kalau dapat fee atau buku gratis dari penerbit yang bukunya diresensi. Aku juga pernah. 2 resensi yang dimuat JP berbuah buku lagi. :)

    ReplyDelete
  14. Asik. Sehabis ngereview sepanjang jarak antara keliling matahari ke bulan selama tujuh putaran panjangnya, sekarang memaparkan alasan-alasan kenapa kita kudu beli buku ini. Iya, sebagian besar aku setuju sama yang kamu sampaiin di atas, cuma yang terakhir, aku baru tahu akhir-akhir ini setelah aku sudah beli bukunya, yaaa moga-moga tetep bisa dianggep sedekah meskipun dulu enggak niat gitu, kan gak tahu :P

    ReplyDelete
  15. Bener tuh, covernya unyu. Habis review langsung bikin ini. Keren. Bener tuh kata komen yg diatas, kenapa gak dikirim ke media cetak aja?

    Semoga banyak yg beli dan jadi buku best-seller di seluruh toko buku Indonesia. Aamiin. :)

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, gue udah beli tapi sampai sekarang masih belum sempet baca. Padahal udah lama beli, tapi bukunya masih terlindungi oleh plastik tipis dari gramedia. Jadi belum sempat review, deh. T.T Hehehehe.

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah tulisanku bisa terbit lagi di Bloge BE.

    kali ini adalah alasan-alasan kenapa harus beli buku Asem Manis Cinta. sesuai dengan pemaparanku diatas, kalian sekarang pasti sudah tidak ragu lagi untuk membeli buku Asem Manis Cinta. karena buku ini sudah wajib kalian beli terutama member Blogger Energy.

    ReplyDelete
  18. Wah, iya ya, alasannya keren. Udah nabung sih, Zam. Cuma masalahnya, di sini nggak ada buku Asem Manis Cinta. Mau nyari onlen shop dimana?
    Kasih saran lahh,...
    Apa yang harus kulakukan ketika tak kutemukan gramedia di seluruh penjuru kota ini? :(

    ReplyDelete
  19. akkkk jadi tambah mupeng, kan u,u
    masukin daftar list wajib dibeli dulu deh. sambil nabung dan nungguin lebaran, mbo menowo dapet angpao haha

    ReplyDelete
  20. pokoknya apapun alasannya. yang pasti keren deh bukunya...pengen beli #NABUNGdulu :D

    ReplyDelete
  21. Baru sadar ada foto gue wkwkk
    Sumpah deh ceritanya keren-keren. Di buku itu juga ada nama gue loh, meski di bagian 'Thanks to' ~

    Tapi gak apa-apa, hal positif lainnya yang gue ambil dari baca buku ini ialah gue bisa belajar dan intropeksi kenapa gue gak lulus oleh penerbit saat nyeleksi tulisan yang di buku ini. Dari 12 penulis itu memiliki nilai lebih yang gak gue miliki. Setidaknya kedepan gue bisa belajar banyak dari mereka yang udah lolos.

    Selebihnya buku ini emang kereen. Recommended banget buat di belii!

    ReplyDelete
  22. wokeh rasa envy menyelimuti untuk segera punya bukunya asem manis cinta, meskipun nggak seasem hidup vina :|

    ReplyDelete
  23. Hehehe aku ngga perlu beli dong hehehe waktu itu dateng acara talkshownya terus dapat hadiahnya buku BE hehehe ayo ayo pada ngiri sama aku hehehe

    ReplyDelete
  24. arrrrgh gue pengen punya juga. belum sempet beli, di gramed lampung belum ada *manyun* *nendang botol akua di pinggir jalan*.

    ReplyDelete
  25. Covernya emang unyu banget, perpaduan antara hitam dan magenta. Keren.

    Tapi aku belum beli :3 Ishhh ....
    Tapi udah baca kok ._. dan ceritanya keren2, ehm .. ada satu cerita yg jadi paling favorit loh :v

    ReplyDelete
  26. itu yang foto ada tulisannya travel itu sapa ? kok bening banget hahahahahahha.


    saya belum beli nih gegara gramedia royal plaza sby waktu itu ndak ada bukunya, padahal waktu itu uang saya lagi banyak2nya hehehhe...sekarang lagi bokek :D

    ReplyDelete
  27. Ternyata sampai sedetail ini...sepertinya tuhan benar benar memberikan anugerah group ini

    saya tidak punya alasan tersebut ketika membeli buku ini. Saya suka dg orang-orang yg menyempatkan bnyak waktunya untuk menulis, merenung. Dan buku ini memberikan gambaran tersebut. Ada aura kepenulisan yg terlihat. Itu alasanku dulu membeli buku ini. Dan sekarang menjadi bagian dari penulisnya.

    ReplyDelete
  28. Gue kemaren sempet ke gramedia. Udah nyari di searching gak ada. Keliling di rak juga gak ada. Enthlah, gue rasa buku itu udah habis di Pekanbaru.

    Semoga gue bisa membacanya, meskipun gue gak punya bukunya.

    Banyak hal yang bisa gue pelajari dari buku itu nanti.

    ReplyDelete
  29. Alasan alasannya keren banget apalagi penerbit grasindo. Kemaren ke gramed nemunya cuman lelaki gagal gaul yang asem manis cinta gak ada

    Nanti deh kalo udah ada pasti gue beli sekalian sedekah

    ReplyDelete
  30. Kemarin nyari di toko buku yang ada di kotaku tapi enggak ada semua, yah emang toko buku di kotaku ini enggak besar, malah kemungkinannya buku Asam Manis Cinta enggak sampai ke kotaku. Sayang banget rasanya.

    Tapi nanti deh, usaha lagi nyari di toko buku luar kota, pengen banget dapet buku Asam Manis Cinta. Karena tertarik banget baca buku yang tiap bab nya terdiri dari cerita orang-orang yang berbeda. Pasti keren banget :D

    ReplyDelete
  31. Eh sekarang masih ada gak bukunya, kayaknya udah setaun

    Iya nih aku suka sama yang unyu-unyu rangerz nya juga unyu (?)

    Penasaran nih baca 12 cerita berbeda dalam satu buku, kayak baca buku kumpulan cerita

    ReplyDelete
  32. saya setuju dengan point terakhir harus bersedekah itu yang terutama
    saya niat juga mau beli waktu itu tpi selalu kosong di Gramed dekat rumah saya
    mungkin saya kurang beruntung :(

    ReplyDelete
  33. liat dari reviewnya tentang cerita dari ke 12 blogger, yang menceritkan tentang cinta, jadi penasan sama cintanya kaya gimana,sekaligus sama para bloggernya. hehehe

    siap berburu ke toko buku, dan semoga aja gak habisan bukunya.

    ReplyDelete