[Tips BE] Biar Nggak Males Blogwalking




BW adalah sebuah kewajiban buat para blogger, apalagi blogger personal. Buat yang belum tahu BW itu apa (mungkin yang baca ada yang bukan blogger) BW adalah singkatan dari blogwalking. Kegiatan berkunjung ke blog orang lain. Membaca artikel yang ada dan kemudian meninggalkan jejak dengan cara memberikan komentar.

Kenapa kamu harus blogwalking?

Blogwalking selain sebuah kewajiban juga menjadi kegitan silaturahmi di dunia maya. Ketika sesama blogger membaca dan kenal lebih dekat dengan komen di blognya secara intense kemudian si blogger saling berinteraski di media sosial lain seperti facebook atau twitter, disitulah peran blogwalking. Menjembatani sesama blogger untuk saling berinteraksi.

Blogger Energy juga awal terbentuknya ketika para Rangers menemukan blog masing-masing ranger, tentu saja karena kegiatan blogwalking. Kemudian mereka sharing tentang dunia per-blog-an. Dan akhirnya terbentuklah Blogger Energy seperti sekarang ini.  Menjadi group blogger personal yang mulai dikenal masyarakat luas (kayaknya sih gitu).

Kegiatan blogwalking mungkin bagi blogger-blogger yang nggak suka blogwalking atau blogger yang udah terkenal atau juga blogger newbie cukup berat. Males ajah sebenarnya mah. Mungkin banyak alasannya dan yang paling ngetren adalah karena kesibukan dunia nyata.. Yah, kadang Tebe juga gitu. Tapi Tebe selalu punya semangat buat BW, untuk itu Tebe mau kasih kamu tips biar nggak males buat blogwalking.

Simak...

1. Niatkan untuk blogwalking
Berawal dari niat semuanya akan berjalan dengan baik. Apalagi setelah niat kamu berfikir positif, maka kamu akan menemukan sesuatu yang sangat berharga dalam proses blogwalking. Nambah teman, nambah kenalan orang jauh-jauh, dan juga nambah visitor blog kamu. Karena dengan sendirinya kalau kamu blogwalking si blogger yang kamu knunjungi blognya akan berkunjung balik.

Niatin deh dari sekarang buat blogwalking..

2. Santai nggak usah buru-buru
Jangan buru-buru kalau blogwalking. Santai ajah, baca pelan-pelan tulisan blogger yang kamu kunjungi. Perhatiin baik-baik bagaimana dia mengolah kata. Kalau misalkan menurut kamu dia kurang dalam hal mengolah kata kamu bisa kasih dia saran dan masukan. Kurangnya dimana dan apa yang harus dia perbaiki.

Santai ajah jangan sampai si blogger posting apa kamunya komen apa. Jadinya nggak nyambung. Ini sering banget terjadi.

Kalau misalnya kamu promo blog kamu di group Blogger Energy (facebook) dan kamu mempunyai kesibukan lain di dunia nyata. Santai ajah, jangan buru-buru, baca satu-satu sampai selesai.

3. Jangan underestimate sama tulisan blogger lain
Tebe sering meremehkan tulisan blogger lain yang Tebe kunjungi. Tapi itu dulu sekarang tebe udah tobat. Karena Tebe sadar selain tulisan Tebe nggak lebih bagus dari dia, Tebe nggak berhak meremehkan tulisan dia. Harusnya Tebe kasih saran kalau emang tulisan dia kurang enak dibaca atau nggak enak dilihat.

Makanya jangan underestimate dulu yah, sama tulisan blogger lain biar kamu nggak males pas lihat judul dan tulisannya. Siapa tahu, suatu saat yang kamu remehkan malah nantinya melampaui kamu dalam hal menulis.

4. Ikhlas
Dalam setiap pekerjaan membutuhkan yang namanya ikhlas. Ikhlas ini menjadi sangat perlu untuk keberlangsungan pekerjaan kamu. Sama halnya dalam blogwalking, kamu harus ikhlas. Kadang kamu di perjalanan blogwalking yang sangat mengasyikan akan menemu blogger yang kamu kunjungi tapi nggak berkunjung balik. Pasti, kamu pasti akan menemukan blogger seperti itu.
 
Makanya kamu kudu ikhlas ketika kamu blogwalking. Mungkin dia kunjungin balik blog kamu tapinya nggak komen. Cuman buka-buka blog kamu doang, karena dia blogwalking lewat hape dan nggak bisa masuk blog lewat hape.


Pesan dari Tebe adalah blogwalking lah dengan tulus dan ikhlas.

5. Gabung sama Blogger Energy
Sejak awal berdirinya Blogger Energy para Rangers punya idelisme yang mengharuskan para blogger personal yang udah gabung buat blogwalking. Makanya setiap hari Ranger buka wall promo supaya mereka mempromosikan tulisannyaa, lalu kemudian berkunjung satu sama lain. Yang nggak blogwalking dapet teguran dari Ranger. Teguran itu adalah bentuk konsistensi Blogger Energy yang mengharuskan para anggotnya supaya blogwalking.

Makanya ketika para anggota Blogger Energy ditegur dan diingetin sama Ranger atau sama blogger lain supaya BW, jangan marah karena itu adalah suatu kewajiban yang harus kamu lakukan. Karena kami sayang kalian.

Bergabung dengan Blogger Energy. Membuat para blogger punya kewajiban BW kalau mereka promo. Kadang seseorang yang malas itu harus dipaksa. Di Blogger Energy kalau kamu promo psotingan di wall yang udah di buka sama Ranger, ya, kamu harus blogwalking. Harus. Kalau terus-terusan nggak blogwalking padahal udah promo. Terpaksa kamu di kick. Kami masih punya punya aturan dan kami punya idealime. Dan itulah yang sedang kami pertahankan. 

-----
Semoga tips dari Tebe membantu kamu dalam mengatasi rasa malas untuk blogwalking. Atau paling nggak udah mau baca walaupun rasa malas masih menghinggap. Berfikir lah kalau blogwalking itu kegiatan yang menyenangkan, karena emang aslinya nyenengin. Beneran. Jangan menganggapnya sebagai beban. Mungkin dari teman-teman punya keluh kesah, atau mau nambahin? Silahkan komen di bawah…  :*
[Tips BE] Biar Nggak Males Blogwalking [Tips BE] Biar Nggak Males Blogwalking Reviewed by Tofik Dwi Pandu on 10:42 Rating: 5

21 comments

  1. BW ke blog orang, tapi nggak di BW balik itu sering banget terjadi, be. Kalo mood lagi bagus sih ikhlas-ikhlas aja, tapi kalo mood lagi jelek, kadang kan bete juga. Tapi berhubung sekarang lagi bulan puasa, ikhlas aja deh. Hitung-hitung ibadah. Kan membuat orang lain senang juga termasuk ibadah :D

    ReplyDelete
  2. wah informasinya bermanfaat nih :)
    jadi nambah ilmu juga buat saya yang pemula :)

    ReplyDelete
  3. Aku malah suka blogwalking. Soalnya, blogwalking itu jadi bikin banyak inspirasi muncul. Kebanyakan blogger suka pusing mau nulis apa di blognya, Percaya deh, abis blogwalking itu aku jadi pengen nulis sesuatu yang tiba-tiba muncul ketika baca postingan si A. Kadang aku nemuin tampilan blog temen, blognya keren. Aku jadi pengen re-design ulang blogku jadi lebih kece. Yang paling sering sih, abis blogwalking aku jadi banyak wawasan. Soalnya temen-temen suka share kisah/pengalaman yang aku belum pernah tau.

    Kekuatan blogwalking itu dahsyat. Apalagi yang suka menulis, blogwalking itu kegiatan membaca yang paling menyenangkan. ^^

    ReplyDelete
  4. setuju sih denga pendapat mbak Vindy diatas.. Blogwalking bikin nambah wawasan.. Happy Blogwalking

    ReplyDelete
  5. Blogwalking nambah ilmu juga nambah temen, soalnya apa yag dibahas 1 orang nggak akan sama dengan apa yg dibahas orang lain walaupun sama tapi gaya penyampaiannya yg beda.

    Tapi aku kadang minder sendiri liat tulisan orang lain, tulisannya bisa absud lucu gitu. Aku nggak bisa nulis kayak gitu, ya semoga dengan blogwalking bisa bertambah keahlian menulisnya. Kadang habis blogwalking malah timbul ide buat nulis

    ReplyDelete
  6. Iya, sekarang gue jadi paham makna blogwalking sebenarnya :D

    ReplyDelete
  7. Aku sebelum gabung BE juga udah nyobain blogwalking ke tmen2 blogger personal lain, aku sih ikhlas-ikhlas aja kalo mereka gak kunjung balik ke blog aku, malah gak pernah kepikiran kalo aku komen bakal dikunjung balik._. Jadi kalo gak dikunjungin balik ya gapapa.. Aku niatnya pengen baca2 postingannya aja, keliling2 blog, terus kalo tertarik atau tau isi postingannya aku suka komen, tapi kadng aku juga cuma baca aja karna bingung sendiri mau komen apa._.v

    Emang bener sih banyak manfaat dari blogwalking, yang aku suka sih karna bisa tau pengalaman mereka yang belom pernah aku alamin.. Nambah pengetahuan dan wawasan juga, jadi hiburan tersendiri lah kadang kalo blogwalking :) bisa nambah ilmu buat menulis, terus makin akrab deh sama pemilik blognya.. Sekarang aku juga udah terbiasa blogwalking jadi terbiasa buat komentar juga deh, hehe.. :D

    ReplyDelete
  8. Memang sih, pertamanya kalo bw itu bikin malesan..Tapi sejak gabung BE, rasa dan niat gue mulai kuat untuk melakukan bw, entah mengapa ada sisi yang menarik, ketagihan, dan seru gitu kalo bw ke blog temen lainnya. Selain blognya keren2, orang2nya pada ramah semua :D

    Jika niat pertama sukses, sampe niat kelima pun akan berhasil juga :)

    ReplyDelete
  9. tipsnya udah dijalankan nih bang
    tapi paling masalah ikhlas aja yang kurang... sama suka buru-buru nih.

    oh ya, semenjak ramadhan ini saya jadi rada males, karena ngerasa nggak kuat harus duduk depan notebook sambil puasa.
    Tenaga udah hilang pas kerja jadi kesan malesnya nambah.

    semoga sifat itu hilang deh
    karena saya emang pingin nambah visitor lagi

    ReplyDelete
  10. BW emang hal yang menurut gue sendiri sepele banget. Tapi, jangan pernah menyepelekan BW, ya. "Lah gimana maksdnya?"

    Panjang kata, sama dengan panjang harapan. Ketika kita BW dan hadir untuk entah itu menyapa atau hanya sekedar melepas penasaran ke blog seseorang, pasti banyak sekali yang kita pertimbangkan.

    Pertama : Jika tulisannya terlalu panjang dan gue lagi galau, apa gue harus baca semuanya?

    Simple, gaes. Tapi, ketika ikhlas yang menyelimuti dalam urusan BW ini, percaya, deh. KOmentar kalian yang dibuat sepanjang samudra pasifikpun, akan tetep nyaman dibaca orang lain. Soalnya, itu tulus.

    Kedua : Kalo gue komentar, kira-kira dia bakalan bales ke blog gue, gak?

    Hah, ini pernah gue rasakan. Tapi, setelah memahami arti BW sebenarnya, rasanya mau mampir atau enggak, gue seneng-seneng aja. Nyatanya, banyak orang yang gak gue kenal, karena BW, gue jadi kenal. Makanya, kalo urusan dia mau balik ke blog atau enggak, nikmati aja. Kalo emang tulisannya bagus, kenapa enggak. Pasti dia mampir, tapi tidak saat setelah kalian komentar.

    Terakhir : Cobalah jadi apa yang sebenarnya.

    Blogger Personal, kebanyak dibingunkan harus nulis materi yang lagi populer dan bisa membuat blognya secara tidak langsung menjadi trand. Aslinya, menurut gue salah. Tetep jadi seperti awalnya lu pengen punya blog. "Nyenengin pembaca." BIsa menyenangkan pembaca, bukan dengan menulis komedi saja. Banyak sekali genre tulisan yang bisa kalian buat. Intinya, tulislah dari hati. :)

    ReplyDelete
  11. Intinya gausah dijadiin beban, ikhlas aja... soal kita dapet feedback atau engga ya urusan nanti. kalo mau bw ya bw, kalo engga niat ya gausah dipaksain, asalkan engga promo gitu kalo di group mah hehe.. yang penting tetep semangat ngeblognya, dan ikhlas.. lagian bw engga rugi juga kok, selain jadi tau cerita orang, kita juga dapet wawasan lebih tentang hal hal tertentu :D Happy blogwalking ya... :)

    ReplyDelete
  12. bener ini be.....


    kita komennya panjang banget,,, eh ada yang komen dikit...

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat tipsnya, niat dan ikhlas memang penting sekali, niat pastinya yang utama, terus ikhlas menjalani blogwalking. Yang terakhir itu wajib, sekalian promosi group blogger energy :)

    ReplyDelete
  14. gue males bw karena boros kuotanya,, -,-
    gak pake paket unlimited lagi. itu aja, simpel,
    ada yang mau bantu? ngisiin pulsa gitu? hahaha

    ReplyDelete
  15. Semangat banget deh baca postingan kali ini. Habisnya... Ini aku banget. Bhahaha. Maafkan aku. :(
    Tapi gini-gini masih suka BW, kok. Siapa tau dapet jodoh karena BW. Hihihi. :p

    Aku suka buru-buru gitu. Tapi tetep nyambung kok komentar sama isinyaaa. :'D
    Soalnya kalo ditunda, nanti lebih males lagi BW-nya. Pfftt. Jadi mending kalo udah niat langsung dilaksanakan, dan tuntaskan semuaaa. Hahaha.

    Ikhlas... Semoga selalu diberi keikhlasan di setiap hati para blogger. Karena memang benar, pasti ada saja yang tidak melakukan kunjungan balik.
    Atau mungkin mereka melakukan kunjungan balik, tapi tidak memberi komentar.

    Terima kasih Tebe tips-nyaa. Bermanfaat sekalii. Semoga habis ini aku makin rajin BW, dan teman-teman yang lain pun begitu. Aamiin.

    SEMANGAAAT!

    ReplyDelete
  16. Makasih tipsnya. Emang kadang suka males kalo BW. Tapi aku pikir-pikir lagi kalo aku aja males BW ke blog temen, temen kita juga pasti males dong BW ke blog kita. Cakep!

    ReplyDelete
  17. Pas banget nih BE . Beberapa hari ini emang malas BW . Alasannya klise sih gara-gara internet juga yang lelet jadi malas buat BW.

    ReplyDelete
  18. wahh, makin berharap bisa join dengan BE nihh.
    semangat BW :)

    ReplyDelete
  19. Aku lebih suka BW karena kadang baca tulisan pemilik blog dan ketawa-ketawa sendiri.
    Ketika Bw juga bisa mengamati bagaimana blogger lain saling berkomentar dan menjalin silaturrahmi.

    ReplyDelete
  20. quotenya ngena banget,
    tetep setia BW walupun blog sendiri gk prnah diBWin

    ReplyDelete
  21. keren kak kalo kita blogwalking web jualan saya juga www.jaketmurahbandung.com kebanyakan dari blogwalking, maknyussss...

    ReplyDelete